Header Ads

Harga Bawang Putih Di Kota Santri Tembus Rp 60 Ribu/Kg


KAJEN - Harga bawang putih terus meroket,termasuk di Pasar Kajen Kabupaten Pekalongan yang naik dari Rp 32 ribu/Kg menjadi Rp 60 ribu/Kg untuk bawang puting cutting/kating.Sedangkan untuk bawang putih biasa dari Rp 28 ribu/Kg menjadi Rp 50 ribu/Kg.Rabu (05/02/2020).

Kenaikkan harga bawang putih yang banyak diimpor dari negeri tirai bambu tersebut,lantaran china saat ini sedang terserang wabah virus corona.

Salah seorang pedagang sayur di Pasar Induk Kajen,Dwi (39) mengatakan kenaikan bawang merah terjadi sejak dua minggu yang lalu.

"Harga bawang putih biasa semula Rp 28 ribu/Kg menjadi Rp 50 ribu/Kg,sedangkan kating dari R 32 ribu/Kg menjadi Rp 60 ribu/Kg,"ungkap Dwi.

Menurutnya,kenaikan harga bawang putih karena barang impor dari china distop.

"Katanya salesnya kenaikan harga bawang putih karena barang impor nggak boleh turun.Meskipun mahal pembeli tidak berkurang alias masih normal.Stoknya  masih cukup tapi harga langsung melambung,"ujarnya.

Dikatakan,untuk cabai harga naik sejak menjelang natal dan harga tidak turun sampai sekarang.

"Cabai itu mahal sejak desember sampai sekarang bulan februari harga tidak turun, yaitu untuk cabai rawit merah/setan Rp 80 ribu/Kg,cabai rawit Rp 30ribu/Kg,cabai kriting Rp 60 ribu/Kg,saat ini mahal semua,"katanya.

Sedangkan untuk sayur,menurutnya normal meskipun masih terbilang lebih mahal dari biasanya.

"Sayur normal tapi memang tidak murah karena musim hujan ya,caisim  Rp 7 ribu/Kg,worter masih utuh  Rp 10 ribu/Kg,Kubis masih utuh Rp 5ribu/Kg,daun bawang Rp 15 ribu/Kg,tomat Rp 10 ribu/Kg.Kenaikan ini sejak desember,"tandasnya.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.