Header Ads

Lumpuh,Rohaya Tinggal Sendirian


KAJEN – Seorang perempuan paruh baya,mengalami lumpuh dan harus tinggal sendirian disebuah gubug kecil seorang diri.

Rohayah (48) warga RT 3 RW 6 Dukuh Kaso Gunung, Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan,ternyata sudah tiga tahun mengalami lumpuh dan badannya kaku.

Gubug berukuran sekira 3x4 meter tersebut berlantai tanah,berdinding kayu bekas,genteng bocor dan hampir ambruk dengan tempat tidur seadanya yang juga dipenuhi serangga.

Muhsirin (60) kakaknya Rohayah mengatakan Sejak Kamis (16/01/2020) Rohayah sudah dibawa ke RSUD Kajen oleh perangkat desa untuk mendapatkan penanganan medis.

“Rohayah tinggal di Dukuh Kaso sudah enam tahun.Sebelum tinggal disini Rohayah  tinggal di Dukuh Silumbung,karena sakit pindah kesini,kemudian Rohayah tinggal di gubuk yang setiap malam dijadikan kandang ayam sudah 3 tahun," ungkapnya.

Dikatakan, suami dari Rohayah sudah lama meninggalkan adiknya.Sedangkan saudara Rohayah yang lain sesekali datang ke rumah untuk menengok dan juga mengirim makanan.

“Saya membantu adiknya seadanya, tapi tidak setiap hari karena saya juga orang tidak mampu.Kadang Rohayah tidak makan," ungkapnya.

Disebutkan,warga juga sudah berupaya membantu seadanya, meski masih belum cukup.

Sementara itu, Kasi Kesra Kecamatan Doro Indah Mulyati usai meninjau rumah Rohayah mengatakan rumah yang ditinggali Rohayah sangat  tidak .

"Tim dari kecamatan, puskesmas, dan dinas sosial datang kesini untuk mendata serta memeriksa Rohayah.Hasilnya sudah dilaporkan ke pemerintah kabupaten. Rohayah juga sudah diberikan perawatan di RSUD Kajen," katanya.

Menurutnya ,terkait Rohaya  pihak kecamatan baru mengetahui, lantaran dari pemerintah desa tidak menginformasikan hal tersebut.

Adapun,ternyata  Rohaya  belum tercover bantuan KIS, PKH, BPNT dan data terpadu kesejahteraan sosial atau BDT,untuk itu pihaknya akan membantu agar Royaha bisa mendapatkan bantuan-bantuan tersebut.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.