Header Ads

Issue Pesugihan Di Desa Banjarejo Diselesaikan Kekeluargaan


KAJEN - Terkait adanya issue 4 bayi meninggal di satu RT untuk tumbal pesugihan,dilakukan pertemuan warga Desa Banjarejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan dalam rangka 'sosialisasi kesehatan terkait adanya issue pesugihan',Sabtu pagi (18/01/2020).

Kapolsek Karanganyar,AKP Akhmad Tauhid mengatakan acara tersebut dihadiri oleh Waka Polres Pekalongan Kompol Mashudi SH.,Kabagops Polres Pekalongan Kompol GN Simatupang, Camat Karanganyar Drs Elyas Setyono,Kasat Intelkam Polres Pekalongan AKP Rubi Kalis SH, Perwakilan RSUD Kajen  Dr. Endang Sulistyowati dan Bidan Desa Sdri.Fina,Danramil Karanganyar Kapten Arif Munajat,Kepala Desa Banjarejo Mulyadi,4 orang tua yang bayinya meninggal dan S yang dituduh melakukan pesugihan,serta tamu undangan / warga Desa Banjarejo yang berjumlah 50 orang.

"Untuk peredam (isu tersebut) kemarin telah dilaksanakan pertemuan penjelasan dari rumah sakit pada bulan desember ada 2 bayi yang meninggal dikandungan sehingga dicesar ,ketiga meninggal karena usus terburai keluar dan keempat karena kelebihan umur 2 minggu di kandungan sehingga baru sehari lahir kemudian meninggal karena sesak,semua sudah saling memaafkan dan hanya salah paham,"ungkapnya.

Menurutnya,saat ini di Desa Banjarejo aman terkendali warga sudah tidak ada yang resah,karena sudah paham dan jelas dengan apa yang dikatakan oleh pihak RSUD.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Desa Banjarejo bahwa situasi Desa Banjarejo aman kondusif namun karena adanya berita yang tidak benar akhirnya ada beberapa warga yang resah dengan adanya meninggalnya bayi yang diduga jadi tumbal pesugihan padahal hal tersebut bukan hal yg benar.

"Diharapkan dengan adanya pertemuan pada hari ini permasalahn adanya isu pesugihan dapat selesai hari ini dan  situasi Desa Banjarejo kembali kondusif,"tandasnya.

Ditambahkan,issue adanya warga  hamil di Desa Banjarejo mengungsi dan menjaga makam selama 24 jam  tidak benar adanya,dan akan dilakukan antisipasi karena apabika ada bayi yang meninggal lagi diwilayah Desa Banjarejo ditakutkan issue pesugihan akan kemabali ramai.

Adapun,setelah pertemuan tersebut,semua pihak sepakat dan saling meminta maaf terkait berita yang beredar,semua pihak juga sepakat untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di Desa Banjarejo.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.