Header Ads

Bupati Hibahkan Tanah Untuk Kemenag


KAJEN - Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Republik Indonesia ke-74 Tingkat Kabupaten Pekalongan,dengan mengambil tema “Rakyat Rukun, Indonesia Maju”,di Alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan,Jumat (3/1/2020).

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi dalam dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si, menyampaikan bahwa Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan. Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.
 “Hari ini, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama,” ujar Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Agama RI.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Melalui upacara HAB INI, jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia supaya memperhatikan 6 (enam) hal diantaranya memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.
“Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan dan perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat,” tambah Bupati Pekalongan KH. Asip mengutip amanat Menteri Agama RI.
Lebih lanjut, BupatiPekalongan  mengatakan supaya merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.
“Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan,” tutupnya.
Dalam kesempatan upacara Hari Amal Bakti Kemenag ke-74, Bupati Pekalongan menyerahkan Surat Hibah Tanah untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan yang diterimakan langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan DR. H. Kasiman Mahmud Desky.
Selain itu, Bupati Pekalongan atas nama Presiden RI menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 3 ASN Kemenag yang telah berbakti selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Dan menutup mengakhiri upacara, Bupati Pekalongan juga menyerahkan wakaf seribu Al Quran kepada 3 penerima yaitu majelis taklim Attarbiyah Desa Harjosari Kecamatan Doro, masjid Baiturrohman Sumurbandung Desa Gejlik Kecamatan Kajen dan Madin Al Hidayah Desa Delegtukang Kecamatan Wiradesa. Disamping itu pula, Bupati Pekalongan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-74.(R-N)
Diberdayakan oleh Blogger.