Header Ads

Antusias Peserta Kontes Durian Unggulan Lokal Cukup Tinggi


KAJEN - Antusias peserta Kontes Durian Unggulan Lokal cukup tinggi,karena diikuti oleh 22 peserta Durian Unggulan.Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Kontes Durian Unggulan lokal, Tubi Hartoyo disela-sela acara yang digelar di Desa Legokkalong Kecamatan Karanganyar,Minggu (19/01/2020).

"Yang menjadi juara pastinya yang memiliki citarasa tinggi dan ini benar-benar durian lokal ungkapnya,"ungkap Tubi Hartoyo yang juga merupakan Ketua Asosiasi Durian.

Dari sekian banyak durian yang diunggulkan, buah durian Putu Kembang milik petani asal Desa Lolong akhirnya menjadi juara pertama dengan perolehan nilai tertinggi 262 dari tiga dewan juri karena memiliki rasa manis, legit dan bedaging kuning dan tebal,serta memiliki kulit yang terlihat rapi. 

Keluar sebagai Juara 2 yaitu durian Kuner dari Desa Legok kalong pohon perkebunan milik Tri Kustiati mendapat nilai 241. Sedangkan untuk juara 3  Durian Blundo Comong milik Rifki dari Desa Lolong, kebun durian Sigarung mendapat nilai 238. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan,  Siswanto menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengapresiasi kegiatan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah durian Pekalongan.

"Di Kecamatan Karanganyar dari Desember sampai Februari ini biasanya di mana-mana musim durian.Oleh karena itu mereka bersaing untuk menggaet masyarakat menikmati durian melalui kontes durian unggulan. Ini sekaligus kita mengenalkan durian durian unggul lokal yang bisa dinikmati lebih lebih enak dari daerah lain,"ujarnya.

Untuk itu  Pemkab terus mendukung,salah satunya dengan pelaksanaan Festival Durian Lolong yang digelar setiap tahunnya.

"Kontes ini masih sekecamatan,di Lolong nanti tingkat Kabupaten dengan peserta dari kecamatan,"katanya. 

Sementara itu,anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra mengatakan,Kontes Durian Unggulan lokal ini merupakan satu bentuk  kegiatan masyarakat yang perlu didorong.

"Saya selaku pribadi sekaligus wakil Ketua Komisi B DPRD sangat mendukung upaya-upaya seperti ini, karena selain untuk  menghasilkan produk durian yang mantap,  juga bisa bersaing di tingkat kabupaten bahkan tingkat nasional. Ini merupakan langkah yang harus didukung karena di sini petani Durian cukup antusias dilihat dari peserta sebanyak 22 padahal tahun sebelumya hanya 17 peserta, " tandasnya.

Adapun,varian durian Putu Kembang yang berhasil menyabet Juara 1 mendapatkan hadiah uang senilai Rp 1.000.000, juara 2 durian Kuner Juara mendapat hadiah Rp 750.000 dan Juara 3 Blundo Comong mendapat uang Rp 500.000.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.