Header Ads

Sungai Mrican Resmi Ditutup


KAJEN - Kali Mrican di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan resmi ditutup,hal ini untuk mendukung pembangunan tanggul raksasa penahan rob,Rabu (15/10/2019).

"Hari ini kita bermasa-sama menyaksikan penutupan sungai mrican,sebagai salah satu bagian desain besar penanggulangan rob di Kabupaten Pekalongan,ini juga didukung oleh 60an nahkoda kapal yang sebelumnya kapal di selatan tanggul sekarang kita geser di utara tanggul,"ungkapnya.

Dikatakan,hal ini berkaitan dengan permasalahan teknis,dimana salah satu penyebab rob di Wonokerto lantaran derasnya volume sungai mrican.

"Sumber rob salah satunya karena derasnya volume sungai mrican ini,jadi kita tutup dan yang masuk ke sungai mrican hanya air untuk kebutuhan rumah tangga,apabila terjadi hujan lebat sehingga volume sungai mrican bertambah maka akan kita pompa,"ujarnya.

Pihaknya berterimakasih kepada seluruh pelaksana,BBWS Semarang, masyarakat wonokerto,para nahkoda kapal dan pemilik kapal.

"Ini tidak ada dampak bagi nelayan,mereka malah senang karena lingkungan jadi bersih,tidak rob dan lebih dekat dengan laut.nanti kita lengkapi dengan sarana dan prsarana untuk istirahat nelayan dan para ABK,"tuturnya.

Sementara itu ditambahkan oleh perwakilan dari BBWS Semarang,bahwa pembangunan tanggul penahan rob sudah 98 persen dan akan selesai pada bulan desember 2019.

"Tanggul rob sudah 98 persen,kita tinggal perapihan saja,dan proteksi diatasnya,diatasnya nanti ada untuk lalu lintas nelayan,OB ada aksesnya sendiri ,target selesai desember ini."tandasnya.(Ros-Nk)


Diberdayakan oleh Blogger.