Header Ads

Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 Termin Dua Cair


KAJEN - Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 termin dua cair.Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Sumarwati, disela-sela silaturahmi dengan wartawan di salah satu rumah makan di Kajen,Senin sore  (14/10/2019).

"Sore ini masuk ke rekening P2S (Panitia Pembangunan Sekolah), dan paling lambat besok pagi. Totalnya senilai Rp 17 miliar lebih untuk 225 sekolah SD, SMP, dan SKB," ungkap Sumarwati.

Disebutkan,mekanisme pencairan DAK salah satunya adalah pelaksanaan DAK harus direview oleh Inspektorat Wilayah. Sedangkan paling lambat untuk termin dua yakni 21 Oktober.

Sebelumnya,dikeluhkan oleh Kepala Sekolah dan komite SD serta SMP se-Kabupaten Pekalongan,lantaran hingga kini Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pembangunan sekolah SD dan SMP belum juga cair. Sehingga, pembangunan ruang kelas SD dan SMP yang didanai DAK berhenti.

Dari 100 persen dana yang dijanjikan oleh pemerintah pusat, DAK yang diterima oleh sekolah baru terealisasi di termin pertama sebesar 25 persen dari nilai bantuan.Adapun untuk termin ke II akan dicairkan setelah sekolah menyelesaikan bangunan senilai 25 persen dengan ditunjukkan SPJ yang diserahkan sekitar tanggal 15 Agustus.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.