Header Ads

Bupati Pekalongan Terima Penghargaan Natamukti


KAJEN - Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) memberikan penghargaan Natamukti Kategori Kabupaten bagi Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH, M.Si.Penghargaan tersebut atas kerja sama KUKM dengan MarkPlus, Inc. lewat MarkPlus Institute,yang merupakan sebuah apresiasi bagi pegiat UMKM.

Penerimaan penghargaan diwakili oleh istri Bupati Pekalongan sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Munafah Asip dan Kepala Disperindagkop UKM Ir. Hurip Budi Riyantini,dalam acara Galang UMKM 2019 Bogor, di Bogor, Jawa Barat, Senin (07/10/2019).

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. yang juga Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya,menjelaskan, penghargaan Natamukti dibagi menjadi tiga kategori.

"Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil dalam mempromosikan UMKM lokal, mendorong peningkatan kualitas produk UMKM lokal, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya. Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu kabupaten/ kota yang mendapatkan penghargaan ini,"ungkapnya.

Penghargaan kategori lainnya yakni Natamukti Ganapravara. Penghargaan ini diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya tahun-tahun sebelumnya yang terus menunjukkan kinerja bagus di tahun berikutnya. 

“Atau dengan kata lain, mereka adalah yang sudah pernah meraih Natamukti Nindya dan hingga kini terus menunjukan kinerja positif dalam memajukan UMKM di daerahnya,” tuturnya.

Natamukti Nindya sendiri adalah penghargaan tertinggi dari Natamukti. Kota atau kabupaten peraih Natamukti Nindya adalah terbaik dari yang terbaik dari semua peraih Natamukti. Untuk tahun ini Natamukti Nindya diraih oleh Kabupaten Sleman.

"Penentuan penerima Penghargaan Natamukti ini dilakukan melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian diverifikasi dilapangan oleh tim ahli International Council for Small Business (ICSB) mengacu pada Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang Terpercaya, Terdepan, dan Teratur,"ujarnya.

Adapun,kegiatan Galang UKM Indonesia 2019 Bogor terdiri dari tiga rangkaian agenda utama, yakni penghargaan Natamukti dan apresiasi dari ICSB Indonesia Presidential Award bagi para pihak yang mendukung dan berkontribusi positif terhadap kemajuan UKM di Indonesia, seminar UKM, seminar untuk menambah wawasan para pelaku UKM, serta pameran dan kurasi UKM Brilian, yakni sesi pameran & seleksi para pelaku UKM di setiap kota untuk memperoleh predikat UKM BRILIAN 2019.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.