Header Ads

IPLT Akan Dibangun Laboratorium LH dan BUMD Pengelolaan Limbah


KAJEN – IPLT (Instalasi Pengolahan Limbah Tinja) Kabupaten Pekalongan yang terletak di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa,pada tahun 2020 nanti akan dibangun Laboratorium Lingkungan Hidup guna melayani seluruh Jawa Tengah antara lain untuk uji mutu baku air.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Ir. Bambang Irianto, M.Si dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Ir. Trinanto Agus Maryono, M.Si beserta jajarannya saat meninjau IPLT (Instalasi Pengolahan Limbah Tinja) Kabupaten Pekalongan),Senin (23/9/2019).

“Nanti pada tahun 2020, disini akan dibangun Laboratorium Lingkungan Hidup guna melayani seluruh Jawa Tengah antara lain untuk uji mutu baku air. Kemudian di depan IPLT ini akan kita rancang juga BUMD yang bergerak di bidang pengelolaan limbah, mulai hulu hingga hilirisasi limbah akan kita olah disini. Hilirnya bisa berbentuk pavling block dan produk-produk lain,” ungkapnya.

Dikatakan,kawasan ini merupakan kawasan yang terintegrasi untuk mengatasi hilir dari semua jenis limbah, baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik akan kita kelola disini.

“Inilah wujud dari kepeduliaan Pemerintah membangun Kabupaten Pekalongan yang lebih bermartabat. Karena pemenuhan sarana-sarana publiknya bisa dipertanggungjawabkan. Dan limbah yang menjadi persoalan utama, pelan-pelan sudah bisa kita urai persoalannya dan jalan keluarnya segera kita pikirkan,” imbuh Bupati.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.