Header Ads

Satlantas dan Dishub Survei Jalan, Jalur Lintas Kajen - Banjarnegara yang Rawan Longsor

Kajen - Jalur provinsi Kajen Kabupaten Pekalongan menuju Kabupaten Banjarnegara rawan longsor. Ada dua titik rawan di jalur ini yang berada di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Satlantas Polres Pekalongan dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pekalongan melakukan pengawasan jalur dan survei jalan di jalur Kajen - Paninggaran, Rabu (14/8).
 
Dikatakan Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Ari Prayitno "Kita koordinasi dengan Dishub untuk meninjau jalan lintas Kajen - Banjarnegara di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran."

Diterangkan, di lokasi itu ada dua titik yang rawan longsor. Disebutkan, titik pertama berada di bawah dan sudah disurvei pihaknya tiga bulan lalu. Titik ini, kata dia, sudah ditangani Bina Marga Provinsi Jawa Tengah.
 
"Titik kedua di atas. Kita terus melakukan pengawasan setidaknya juga melajukan fungsi kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Pekalongan, sehingga jalan semua kondisinya bagus dan terawat," ujarnya.
 
Menurutnya, jalur Kajen - Paninggaran, terutama di Desa Tenogo tersebut rawan longsor. Jika hujan satu atau dua kali mengguyur wilayah pegunungan tersebut, akan rawan ambles.
 
"Untuk di sini kontur jalan berbelok-belok, miring, berdampak pada rawan longsor dan rawan kecelakaan lalu lintas. Karena itu, kita melakukan rekayasa seperti perawatan jalan, pasang rambu-rambu, dan sebagainya untuk mengantisipasi kecelakaan" Terangnya.
 
Kasat Lantas menghimbau kepada seluruh pengguna jalan, khususnya saat melintasi Desa Tenogo, untuk tetap berhati-hati, tetap fokus dan konsentrasi dalam berkendara karena kanan dan kiri jalan ada yang berbukit, ada yang curam. dan diharapkan tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. (NK,RH)

Diberdayakan oleh Blogger.