Header Ads

Sampai Juli 2019,Sebanyak 31 Kasus HIV/AIDS Ditemukan


KAJEN - Sebanyak 31 kasus HIV/AIDS ditemukan di Kabupaten Pekalongan sepanjang tahun 2019 sampai bulan juli kemarin.Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja Warga Peduli AIDS dan Anggota Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Pekalongan,Rabu (28/08/2019).

Wakil Bupati Pekalongan,Ir.Arini Harimurti menuturkan bahwa acara ini rutin dilakukan untuk terus menekan angka kasus HIV/AIDS.

"Ada target three zero yaitu pertama bebas penularan,kedua bebas kematian akibat HIV/AIDS dan yang ketiga bebas diskriminatif terhadap penderita HIZV/AIDS,"ujarnya.

Pihaknya berharap target three zero bisa tercapai,sehingga tahun 2020 benar-benar terwujud Kabupaten Pekalongan bebas HIV/AIDS.

"Dari tahun 2005 sampai juli 2019 terdapat 382 penderita HIV/AIDS,terdiri dari 205 HIV dan sisanya sebanyak 177 AIDS.Memang perlu ada aksi nyata dan didesa-desa sudah kita bentuk warga peduli AIDS"tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan,Setiawan Dwiantoro mengatakan bahwa kasus HIV/AIDS tersebar di 12 kecamatan,dari Kesesi sampai Buaran.

"Data untuk kasus HIV/AIDS sampai selama 2019 sampai juli sebanyak 31 kasus,dengan rincian kasus HIV 21 dan 10 kasus AIDS,yang tersebar di 12 kecamatan,"katanya.

Menurutnya,sampai saat ini kasus HIV/AIDS didominasi oleh usia produktif yaitu usia 25 sampai 44 tahun,dengan cara penularan paling banyak melaui hubungan seks.

"Cara penularan paling banyak melalui hubungan seks.Upaya yang sudah kita lakukan yaitu upaca pencegahan dengan pembentukan KPA,kita juga melakukan monitoring dan evaluasi,kita jula melakukan penyuluhan ke masyarakat luas,"tandasnya.(Ros-Nk)


Diberdayakan oleh Blogger.