Header Ads

Padatnya Rangkaian Kegiatan HUT Kabupaten Pekalongan


KAJEN - 'Kabupaten Pekalongan Sengkuyung' menjadi tema Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke- 397 tahun pada 25 Agustus 2019 ini,dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai bersamaan dengan HUT Ri ke-74.

 "Perayaan ditandai antara lain Kajen Gemuruh pada tanggal 20 Agustus kemarin," ungkap Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ali Reza,Rabu (21/08/2019).

Kemudian pada tanggal 23 Agustus ziarah ke makam Bupati Pekalongan pertama, yakni Pangeran Mandurorejo  di Kendal. Selanjutnya, pada Sabtu,24 Agustus 2019 malam, digelar doa antarumat beragama.

"Pada tanggak 24 malam itu juga ada prosesi budaya ziarah Ki Ageng Cempaluk di dan sarasehan budaya di Kesesi," terang Ali Reza.

Disebutkan,pada Minggu,25 Agustus 2019 ada kirab budaya. Menurutnya, kirab budaya pada tahun 2019 ini dimulai dari Kecamatan Kedungwuni dan finish di Pendapa Kabupaten Pekalongan di Kajen.Kemudian pada tanggal 25 malam atau Minggu malam resepsi Hari Jadi Kabupaten Pekalongan, ada pagelaran wayang kulit dan pesta kembang api.

"Selanjutnya,pada Senin 26 Agustus 2019 ada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Pekalongan di DPRD,untuk Kajen expo atau Pekan Raya Kajen (PRK) akan dilaksanakan tanggal 8 hingga 15 September. Di dalamnya ada Kajen Batik Carnival, dan lainnya," katanya.

Pada tanggal 8 September juga ada pameran buku dan arsip di GPU Kajen,dan  Insya Allah mlaku-mlaku bareng Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 22 September.

"Nah ditengah-tengah rangkaian kegiatan itu rencananya salah satu stasiun televisi swasta akan mengadakan kegiatan di Alun-alun Kajen, yakni pada Sabtu 31 Agustus  dan Minggu 1 September 2019,"ujarnya.

Adapun  untuk tahun ini kirabnya dimulai dari Kedungwuni,ini dimaksudkan untuk edukasi dan sosialisasi. Sedangkan sarasehan budayanya tetap di Kecamatan Kesesi.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.