Header Ads

Kopi Di Kabupaten Pekalongan Akan Dikembangkan Serius



KAJEN - Kopi di Kabupaten Pekalongan akan dikembangkan secara serius.Hal ini diungkapkan oleh Bupati Pekalongan saat grumungan Kopi di salah satu cafe di Kabupaten Pekalongan,Rabu pagi (28/08/2019).

"Sekarang sudah ada kolaborasi antara 45 orang ini,terdiri dari petani kopi dari berbagai kecamatan,ada perhutani yang punya lahan dan perbankkan yaitu dari Bank Jateng dan BKK,kolaborasi ini untuk memberdayakan hulu petani kopi,"ungkapnya.

Dikatakan,sekarang ini banyak orang suka ngopi-ngopi dan banyaknya cafe kopi di Kabupaten Pekalongan,sehingga suplay kopi menjadi kurang dan perlu perluasan lahan.

"Sehingga kita harus ada ekstensifikasi (perluasan lahan),kita ada centra kopi di  Kecamatan Doro,Lebakbarang,Kandangserang dan Talun,akan kita kembangkan secara masif,jadi minimal kita bisa memenuhi kebutuhan sendiri itu sudah luar biasa,"ujarnya.


Dilanjutkan,selain itu Komunitas ini juga akan memasarkan kopi Kabupaten Pekalongan ke luar daerah.

"Kita juga akan dorong petani kopi petung ini untuk terus meningkatkan kualitas produksi kopinya,sehingga ditingkat hilir yaitu para pemasar tidak mengalami problem,"katanya.

Menurutnya,Pemerintah menyiapkan dua hal yaitu fasilititasinya dengan menggandeng berbagai stakeholder dan selanjutnya adalah regulasinya dengan menandatangani MoU dengan Perum Perhutani Pekalongan Timur yang sudah dilakukan.

"Selanjutnya dilapangan dilakukan PKS atau Perjanjian Kerja Sama,"imbuhnya.

Adapun,Perhutani memiliki lahan 26 ribu hektar yang tersebar diempat kecamatan atas yang nantinya kan ditanami Kopi.selain itu,Bupati juga akan bekerjasama dengan PTP untuk mendukung perluasan lahan.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.