Header Ads

Ibu-Ibu PKK Diharapkan Dorong Masyarakat Gemar Makan Ikan

KAJEN - Ikan memiliki kandungan gizi yang baik terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan,namun ternyata tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Pekalongan masih cukup rendah yaitu 22,68 Kg perkapita pertahun.

Hal itu diungkakapkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan,Munafah Asip saat kegiatan kampanye Gemar Makan Ikan (Gemari) di Kantor DKP Kabupaten Pekalongan,Rabu (31/07/2019).

"Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Pekalongan baru 22,68 Kg perkapita pertahun,untuk tahun 2019 harapannya capaiannya 22,90 Kg perkapita pertahun,"ungkap Munafah Asip.

Dikatakan,pihaknya melakukan banyak hal untuk bisa mencapai target 22,90 Kg perkapita pertahun, salah satunya sebagai Bunda PAUD pihaknya berkeliling ke PAUD untuk menyosialisasikan gemar makan ikan.

"Saya ke sekolah-sekolah Paud...ke TK juga...dengan inovasi gemar ikan,gemar menanam sayur,jadi germas ini sudah berjalan sejak 2017,dan dalam kita ke sekolah-sekolah dengan membawa ikan yang sudah diolah jadi bakso atau nugget,sehingga anak-anak banyak yang bilang ternyata ikan enak ya..,"tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pekalongan,Sirhan menuturkan bahwa Gemar Makan Ikan (Gemari) merupakan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

"Pada hari ini ada program dari provinsi jadi kita undang ibu-ibu PKK,karena ibu-ibu PKK kan dirumah yang mengurusi keluarganya menyiapkan menu makanan,sehingga diharapkan mereka dapat mendorong keluarganya dan masyarakat sekitarnya untuk meningkatkan konsumsi ikan,"tandasnya.

Menurutnya,selama ini DKP telah menyalurkan banyak benih-benih ikan ke masyarakat terutama ke kelompok-kelompok pembudi daya ikan tawar maupun payau,bahkan disinyalir sudah diatas 3 juta benih-benih ikan yang tersalurkan,seperti ikan nilem,ikan lele,ikan nilan maupun ikan tawes.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.