Header Ads

Bupati Pastikan Hulu Telaga Sigebyar Tidak Ikut Mengering

KAJEN - Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi bersama rombongan,meninjau langsung Telaga Sigebyar Mangunan di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono,Tinjauan tersebut untuk melakukan observasi kenapa telaga tersebut mengering untuk pertama kalinya,Kamis (01/08/2019).

"Telaga ini memang kering,tetapi sumber airnya tidak kering,jadi menurut kearifan lokal disini ada dua telaga yaitu telaga wadon dan lanang,yang kering ditelaga wadon,sedangkan ditelaga lanang ini adalah hulunya ....airnya masih besar walaupun ini sudah musim kering,telaga lanang ini mata air yang harus dijaga eksistensinya,hilirnya adalah telaga wadon yang sekarang kita jadikan tempat wisata,"ungkapnya.

Dikatakan,air di Telaga Wadon atau Telaga Sigebyar memang disedot dengan 3 pompa air besar untuk keperluan mengaliri lahan pertanian milik warga.

"Jadi sekarang ini langsung kita lakukan pembersihan dasar telaga yang kering ini,kita bisa tata dan perbaiki tanggul pinggir-pinggirnya,jadi kita sekaligus lakukan revitalisasi fungsi wisata,sehingga nanti ketika terisi air lagi...telaganya lebih jernih dan lebih bagus lagi,"tuturnya.

Pihaknya bersyukur di Kabupaten Pekalongan dikarunia sumber air bersih yang banyak seperti di Telaga Lanang atau hulu dari Telaga Sigebyar.Sehingga selain bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan warga,hilirnya  juga bisa untuk tempat wisata.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.