Header Ads

Rumah Tangga Miskin Pertanian Akan Diberi Bantuan 'BEKERJA'

KAJEN - Rapat koordinasi dan sosialisasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau BEKERJA digelar di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan,Senin (01/07/2019).Rapat tersebut sekaligus mempersiapkan bimtek dan distribusi DOC (ayam umur dibawah 10 hari) di Kabupaten Pekalongan.

Ir.Ida Purbani,dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian,mengatakan,bahwa program BEKERJA diluncurkan oleh Kementrian Pertanian pada tahun 2018 dan melalui Permentan menugaskan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian menjadi penanggung jawab program tersebut dibeberapa Kabupaten salah satunya di Kabupaten Pekalongan.

"Tujuan program BEKERJA adalah untuk menuntaskan kemiskinan terutama untuk daerah pra sejahtera,nantinya ada 5.685 Rumah tangga miskin pertanian yang akan mendapatkan bantuan program BEKERJA ini,"

Dikatakan,masing-masing rumah tangga miskin penerima bantuan BEKERJA akan mendapatkan bantuan berupa 50 ekor ayam kampung unggul baru,bantuan kandang,pakan ayam dan obat-obatan yang akan diberikan selama 4 bulan.

Dikatakan,ada 3 Kabupaten di Jawa Tengah yang mendapatkan bantuan BEKERJA  yaitu di Kabupaten Batang,Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten tegal.

Sementara itu Bupati Pekalongan,Asip Kholbihi menuturkan,PDRB Kabupaten Pekalongan banyak ditopang oleh industri dari pada pertanian,padahal pelaku pertanian lebih banyak dari pada pelaku industri.

"Pelaku pertanian ini lebih banyak dari pada pelaku industri,tapi pertanian menyumbang PDRB yang lebih kecil,padahal luas lahan sawahnya ada 24 ribu hektar,untuk itu kita harus serius dalam menjalankan program ini,"tandasnya.(Ros-Nk)





Diberdayakan oleh Blogger.