Header Ads

Dinkes Bersama Pashmina Dan Gen Pesat Ajak Masyarakat Hidup Sehat

KAJEN - Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan bersama kelompok peduli kesehatan yaitu Nasyiatul Aisyiyah melalui PASHMINA dan GeN PeSAT mengadakan kegiatan Meng-Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat),dalam rangka membudayakan dan mengaktifkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kab. Pekalongan, di halaman parkir Dinas Kesehatan dan sepanjang jalan Rinjani Kajen,Minggu (21/07/2019).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 500 orang yang terdiri dari siswa SMP dan SMA yang ada di Kab. Pekalongan, Organisasi profesi kesehatan, Perwakilan GeN PeSAT dari 5 kecamatan (Paninggaran, Kesesi, Kedungwuni, Siwalan dan Wiradesa), promotor kesehatan dari 26 puskesmas dan masyarakat umum. 

Ketua Pelaksana Pashmina  Kabupaten Pekalongan sekaligus Dosen Farmasi di UMPP,Ainun Mutoharoh (25)  mengatakan,bahwa PASHMINA merupakan singkatan dari  Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah.

“Setiap minggu kita sudah ada di Alun-Alun Kajen saat caf free day fokusnya ke remaja,Pashmina juga sudah jalan di Siwalan dan Pekajangan.Jadi kita menjadi wadah bagi Remaja sehingga memiliki tempat bercerita ketika sakit ketika sedang haid,kita memberi edukasi dan membuka konsultasi kesehatan reproduksi,kita juga cek Hbnya,”ungkapnya.

Pihaknya berharap Pashmina turut kerkolaborasi dengan Dinas Kehatan sehingga mampu membantu remaja memiliki kesehatan lahir dan bathin serta memiliki akhlakul karimah

Sementara itu Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan,Setiawan Dwiantoro mengatakan bahwa Kegiatan diawali dengan senam bersama dilanjutkan makan buah dan sayur kemudian dilakukan cek kesehatan (pemeriksaan tekanan darah, haemoglobin, asam urat, gula darah dan kolesterol) serta pembagian tablet tambah darah atau Fe.

"Kegiatan ini untuk menggelorakan gerakan hidup sehat bersama Pashmina dan Gen Pesat,kita bekerjasama sasaran utamanya remaja sehingga nanti ketika berumah tangga remaja yang sehat akan melahirkan bayi-bayi yang sehat dan menurunkan angka stunting,"tandasnya.

Ketua harian Gen Pesat, Ari Lanang menambahkan,menuturkan Gen Pesat merupakan Gerakan Pemuda Siaga Sehat di Kabupaten Pekalongan,selama ini sudah mendampingi dan mengedukasi masyarat seperti bahaya pernikahan dini,dan kasus-kasus kesehatan lainnya.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.