Header Ads

Cegah Lakalantas Anak Dibawah Umur,TSM Digencarkan

KAJEN - Transportasi Sehat Merakyat (TSM) menjadi salah satu program dari Sat Lantas Polres Pekalongan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas terutama bagi anak dibawah umur,hal itu diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Pekalongan,AKP Ary Prayitno diruang kerjanya,Senin (29/07/2019).

"Kita melakukan sosialisasi ini disekolah-sekolah,dikomunitas,pegawai untuk menganjurkan menggunakan sepeda yaitu transportasi yang sehat dan merakyat,"ungkapnya.

Dikatakan,Sepeda dipilih karena memiliki harga yang terjangkau,bisa membuat sehat,dan membuat kita lebih peduli dengan lingkungan.

"Jadi Sepeda ini masih bisa terjangkau harganya,dapat sehatnya dan kita juga tidak apatis dengan lingkungan,artinya kalau kita naik sepeda kita bisa tau oh ini lingkungan seperti ini,jadi harapannya anak-anak sekolah dan masyarakat lebih mencintai Transportasi sehat merakyat itu,"tuturnya.

Disebutkan,tujuan lain dari TSM adalah keselamatan dimana dengan memiliki budaya keselamatan akan menghadirkan budaya sopan-santun.

"Budaya keselamatan akan menimbulkan dampak budaya sopan-santun,secara tidak langsung kita juga mengedukasi agar tertib dijalan,saling menghormati antar pengguna jalan,dan yang paling penting anak-anak memang tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor sendiri,"tandasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya Program TSM,jiwa anak-anak kembali ke alamnya yaitu dengan jalan kaki atau naik sepeda.kecuali anak SMA karena memang sudah memiliki hak mengemudi.

"Harapannya....karena angka langka lantas yang melibatkan anak dibawah umur hampir 70 persen,dengan adanya program ini anak-anak kembali untuk naik sepeda atau jalan kaki,maka kita harus menyelamatkan anak-anak agar masa depannya tidak habis dijalan,"pesannya.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.