Header Ads

Kasus Demam Berdarah Meningkat Dibanding Tahun Lalu

KAJEN -Pada tahun 2019 ini terjadi peningkatan kasus demam berdarah dibandingkan pada bulan yang sama pada tahun 2018 lalu.Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan,Setiawan Dwiantoro,Kemarin (25/06/2019)

"Tahun 2019 sampai bulan juni ini ada 132 kasus DB sampai bulan ini,mengenai fogging kita tidak pernah menolak,karena itu adalah salah satu upaya kita untuk memutus rantai penularan penyakit demam berdarah,"ungkapnya.

Dikatakan,apabila fogging dilakukan maka yang mati hanya nyamuk dewasa sedangkan telur-telur tetap ada apabila tidak dilakukan PSN.

"Yang terpenting disini adalah bagaimana kita mengupayakan pembersihan sarang nyamuk atau PSM,karena kalau hanya dilakukan fogging maka yang mati hanya nyamuk dewasa,tapi kalau PSN telur-telurnya juga mati,sehingga dua-duanya harus jalan,"tutur Setiawan.

Disebutkan,Kabupaten Pekalongan merupakan daerah endemis demam berdarah,sehingga sangat perlu kewaspadaan dengan dilakukan PSN dan Fogging.Namun,kedepan pihaknya meminta fogging menjadi alternatif terakhir.

"Fogging ini adalah salah satu alternatif terakhir,apabila disitu benar-benar ada kasus deman berdarah,yang dibuktikan dengan laboratorium,agar tidak terjadi penularan disekitar kasus maka kita lakukan fogging,"katanya.

Menurutnya,fogging merupakan semprotan racun,sehingga harus hati-hati karena apabila cara penindakannya tidak tepat bisa berbahaya bagi petugasnya.

"Yang disemprot itu racun,kalau tidak tepat penindakannya bisa menghantam petugasnya,arah angin harus tepat,waktu juga harus pagi hari atau sore hati ketika nyamuknya masih didalam,ketika akan dilakukan fogging juga harus menyiapkan masyarakatnya,makanan harus ditutup,"tandasnya.

Ditambahkan,di Kabupaten Pekalongan,kecamatan yang endemis demam berdarah diantara Karanganyar, Kedungwuni, Wonopringgo dan Kajen.

"Musin pancaroba begini,genangan air sudah mulai sedikit,suhu naik,nyamuk mulai netes kita harus waspadai.Untuk masyarakat ayo kita kerjasama,ayo kita lakukan PSM dan jaga lingkungan,kita hindari gigitan nyamuk dan segera laporkan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila ada gejala demam berdarah,seperti panas mendadak,bintik-bintik merah,jangan sampai terjadi mimisan,sehingga penanganannya lebih cepat,"pesannya.(Ros-Nk)


Diberdayakan oleh Blogger.