Header Ads

Harga Ayam Turun Drastis,Peternak Rugi

KAJEN - Peternak ayam di Kabupaten Pekalongan mengalami kerugian lantaran harga ayam broiler atau pedaging turun drastis menjadi Rp.8.500,- per Kg,penurunan tersebut terjadi setelah syawalan,padahal normalnya Rp.16.000,- sampai Rp.17.000,- per Kg.Belum lagi harga pakan ayam yang cukup mahal,membuat peternak rugi jutaan rupiah.

Salah seorang peternak ayam ras di Desa Kulu Kecamatan Karanganyar,Jati Waluyo menuturkan harga ayam pedaging di angka Rp 8 ribu perkilo hingga Rp 10 ribu perkilo. Harga ayam pedaging ini turun drastis satu minggu setelah idul fitri,Minggu (23/06/2019).

"Pada saat Lebaran harganya masih sekitar Rp 16 ribu perkilonya,diduga ada permainan di tingkat pedagang besar,karena harga ayam pedaging di pasar masih melejit di angka Rp 38 ribu perkilonya," katanya.

Dikatakan,menjelang pertengahan bulan Ramadhan 2019 lalu, bibit ayam pedaging dikeluarkan semua untuk diternak agar saat Lebaran tidak ada kekurangan ayam pedaging. Namun, stok ayam paska Lebaran justru melimpah, sehingga harga ayam pedaging turun.

"Harga ayam yang terlalu rendah tidak bisa menutup biaya produksinya. Waktu panen ayam pun terpaksa mundur hingga sekitar dua bulan.Kondisi normal usia 33 hari sampai 34 hari ayam sudah kita panen, tapi sekarang usia 58 hari terpaksa belum kita panen karena harganya sangat rendah," ungkapnya.

Diterangkan,peternak mengeluarkan biaya tambahan untuk pakan dan biaya operasional lainnya apabila waktu panen diundur.Menurutnya,harga pakan ternak sekitar Rp 8,4 juta pertonnya. Saat ini peternak ayam pedaging kelimpungan. Dengan jumlah ayam sekitar 7 ribu ekor, kerugian yang dialami sekitar Rp 22 juta. Kerugian ini belum diitung dengan biaya operasional. Jika dengan operasional kerugian sekitar Rp 35 juta

"Jika kondisi normal, dalam satu periode panen pakan yang habis sekitar 300 zak. Dengan panen diundur hingga hampir dua bulan, maka kebutuhan pakan ayam pun meningkat hingga 400 zak,kemudian untuk harga bibit ayam ras pedaging sudah mahal, yakni Rp 7.500 perekor. Jika harga ayam hanya Rp 8 ribu-Rp 8.500 perkilonya, maka peternak sangat dirugikan,tandasnya.
Diberdayakan oleh Blogger.