Header Ads

Akhir Tahun 2019,Rumah Sakit Kesesi Berdiri

KAJEN - Akhir tahun 2019,Kecamatan Kesesi akan memiliki rumah sakit.Saat ini tahapannya sedang menunggu proses pemenang lelang.Bahkan Targetnya dalam dua bulan kedepan pembangunan sudah mulai dilakukan.Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Kesesi I,dr.Ryan Ardana Putra saat ditemui wartawan Radio KFM,Kemarin (15/06/2019).

"Rencananya pembangunan akan dimulai setelah pengumuman pemenang lelang,pembangunan semoga dalam waktu dua bulan ini bisa terlaksana.Targetnya akhir tahun sudah jadi gedung untuk rawat jalan yang baru,kemudian rencananya ada poliklinik,UGD dan tempat persalinan yang baru,"ungkapnya.

Dikatakan,dalam pembangunan rumah sakit kesesi menggunakan anggaran sekira Rp.10 Miliar dari Pemkab Pekalongan.Ketika ditanya mengenai program penurunan AKI yang kosong,dr.Ryan mengatakan bahwa sudah ada inovasi 'Sinar Bulan'.

"Kita ada inovasi dari puskesmas yaitu Sinar Bulan (Siap antar jemput ibu bersalin dengan ambulan) jadi semua ibu bersalin di wilayah puskesmas Kesesi I kita jemput dan kita lakukan persalinan di puskesmas,tapi kalau kondisinya tidak stabil kita rujuk ke rumah sakit,karena yang sering terjadi itu terlambat ditemukan,terlambat ditangani dan terlambat dituju,di Puskesmas Kesesi kita bisa mencegah itu,"tuturnya.

Sementara itu,Ketua komisi D DPRD kabupaten Pekalongan,Kholis Jazuli,usai  kunjungan kerja ke Puskesmas Kesesi I menuturkan, rumah sakit tersebut dibangun karena melihat perkembangan jumlah pasien rawat inap di puskesmas kesesi yang terus meningkat.

"Sejak dua tahun yang lalu Pemkab Pekalongan,khususnya Badan Anggaran untuk mempercepat puskesmas kesesi ini menjadi rumah sakit kalau tidak C ya D,karena kita lihat pasiennya ternyata hampir 20 persen dari Kabupaten Pemalang,karena memang ada di perbatasan,"katanya.

Adapun untuk pembebasan lahan seluas 5.000 m2,menurutnya sudah selesai.Diperkirakan lama pembangunan rumah sakit sekitar lima bulan,sehingga diperkirakan pada akhir tahun 2019,Rumah Sakit rintisan di Kecamatan Kesesi telah berdiri.(Ros-Nk)

Diberdayakan oleh Blogger.