Header Ads

200 Ribu Benih Ikan Nilam Disebar

KAJEN - Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi memberikan bantuan sebanyak 200 ribu benih ikan nilam kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pekalongan.Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DKP Kabupaten Pekalongan,Sirhan,baru-baru ini.

"Bantuan sebanyak 200 ribu ekor dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi atas proposal yang kami buat, dan realisasinya cepat. Hanya dalam waktu empat hari setelah kami kirim langsung dikabari,itu biiaya dari sana, kami tinggal terima,"ungkapnya.

Dikatakan,benih ikan tersebut untuk restocking di empat sungai besar di Kabupaten Pekalongan yaitu di Kecamatan Sragi,Kecamatan Bojong dan Kecamatan Kedungwuni. Masing-masing sungai ditabur 50 ribu ekor benih ikan.

"Kami juga mendapatkan bantuan 60 ribu benih ikan koi nilainya Rp 18 juta,yang diberikan ke salah satu Pokdarwis di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro.Rogoselo kan daerah wisata,ikannya nanti bisa diperjualbelikan,dipasarkan,Ini bisa untuk promosi wisata juga,"kata dia.

Menurutnya,DKP Kabupaten Pekalongan selama ini rutin memberikan bantuan benih ikan untuk kelompok dan ditabur di sungai, Rata-rata kelompok yang sudah mendapatkan bantuan benih ikan bisa mengembangkannya dengan baik, seperti di Desa Kajongan, Pekiringan Alit, dan Desa Tanjung Kulon, Kecamatan Kajen.

"Untuk bantuan ke pondok pesantren seperti di Kedungwuni, Wonopringgo, dan Karangdadap ikannya dikonsumsi para santri," imbuhnya.

Pihaknya berharap,dengan adanya bantuan tersebut bisa membantu kesejahteraan masyarakat,dengan membudidayakannya sehinga bisa dipasarkan atau bisa dikonsumsi.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.