Header Ads

Kondisi Jalan Kian Rusak Parah,Bupati Desak Operator Jalan Tol

KAJEN - Jalan-jalan di Kabupaten Pekalongan yang rusak akan segera di perbaiki,hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi,Selasa (13/3).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi juga mendesak kepada operator jalan tol untuk segera memperbaiki kondisi jalan provinsi dan kabupaten yang rusak parah akibat mobilitas angkutan proyek jalan tol.

"Saya tekankan lagi ruas Jalan Bojong hingga Wiradesa itu kewenangannya provinsi. Kerusakan jalan yang ada sebagian tanggung jawabnya operator jalan tol. Maka saya minta dengan tegas operator jalan tol untuk segera memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak tersebut,"ungkapnya.

Sementara itu, terkait jalan kabupaten yang kondisinya rusak parah, Asip bertekad akan mulai memperbaikinya pada tahun 2018 ini, sehingga pada tahun 2019 sudah tidak ada lagi jalan kabupaten yang rusak. 

"Kita akan menyelesaikan ruas-ruas jalan yang menjadi kewenangan kami yaitu jalan kabupaten dan kondisinya yang rusak parah, termasuk jalan Karangdowo - Rengas ini," ujar Asip.

Dijelaskan,Saat ini masih proses penyiapan dokumen untuk masuk proses lelang di ULP. Menurutnya, setelah lelang dan masa sanggah selesai, maka langsung akan dikerjakan. Sehingga sebelum Lebaran 2018, jalan bagus sudah bisa dinikmati masyarakat.

 "Sekitar 85 persen ruas-ruas jalan di Kabupaten Pekalongan bisa diperbaiki tahun ini, kecuali ada beberapa titik ruas yang masih dipertimbangkan, seperti ruas jalan Sragi - Spait karena ruas ini untuk sarana mobilitas jalan tol. Nanti kalau kita bangun atau perbaiki rusak lagi. Di MoU juga sudah jelas itu menjadi kewenangan operator jalan tol," katanya.

Adapun untuk anggaran perbaikan jalan rusak tersebut  ada beberapa skema yang dilakukan. 

"Ada bantuan provinsi,DAK pusat dan dana RR bencana. Sedangkan untuk ruas jalan Kedungwuni - Karangdowo - Rengas - Tangkil sendiri dianggarkan Rp 7 miliar."

Pihaknya berjanji setelah proyek jalan tol selesai semua jalan akan kembali mulus.
Diberdayakan oleh Blogger.