Header Ads

Ekstrak Buah Kesemek Ternyata Bermanfaat Cegah Kanker

Buah kesemekMengonsumsi ekstrak buah kesemek yang sudah difermentasi ternyata bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan seperti vitamin A, kandungan oksigen yang tinggi serta kolagen di dalamnya bisa menjadi zat antikarsinogen yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

Penemuan itu diteliti oleh seorang ilmuwan Indonesia bernama Sujana yang ingin mengangkat kearifan lokal tersebut. Lantaran tidak banyak yang mengetahui buah kesemek asli Indonesia memiliki ciri khas dan bisa dijadikan obat.
"Kesemek Indonesia punya karakter khas yaitu zat thanin yang tinggi," kata tim peneliti Super Bio Collagen, Arif Wibowo, Senin (12/1).

Walhasil, tim ini pun mematenkannya dalam bentuk minuman fermentasi buah kesemek. Kanker itu, ujar Arif, terjadi karena ada penyumbatan di salah satu organ. Kandungan makrofag dalam kesemek mampu memakan bakteri jahat dalam tubuh dan menimbulkan sel baru.
Ekstrak suplemen buah kesemek ini dihasilkan oleh tim peneliti selama enam bulan. Proses produksinya harus dilakukan di daerah panas dengan suhu tertentu.
"Prosesnya dari awal hingga akhir sekitar enam bulan. Tidak ada tambahan (kimia) apapun. Ini fermentasi alami dan bahkan tidak kandungan alkohol dari hasil fermentasi ini," tegasnya.

Prinsip kerja dari suplemen buah kesemek ini adalah menghancurkan sel tidak baik dalam tubuh dan memacu pertumbuhan sel baik untuk meregenerasi. Jadi seharusnya dikonsumsi dua jam sebelum tidur agar optimal.
Ia pun mengklaim, manfaat fermentasi kesemek bisa mengobati beberapa jenis penyakit, seperti asam urat, jantung, liver, dan kanker. Bahkan bisa digunakan sebagai terapi bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan.
“Tapi, tidak boleh dikonsumsi untuk anak-anak. Disarankan yang berusia di atas 25 tahun," ujarnya.
(sumber:Republika)
Diberdayakan oleh Blogger.