Header Ads

Forum Kota Hijau Grebeg Sampah

Forum Kota Hijau Grebeg Sampah
KAJEN – Forum Kota Hijau (FKH) Kabupaten Pekalongan melakukan grebeg sampah dengan membagikan kantung kain pengganti plastik dan pengambilan sampah di sepanjang Jalan Mandurorejo-Diponegoro, Selasa (7/10).
Aksi untuk menciptakan lingkungan hijau dan bersih itu dilakukan dengan melakukan pemungutan sampah oleh mahasiswa AKK selaku anggota FKH Kabupaten Pekalongan. Selain melakukan pemungutan sampah, mereka yang sebelumnya berkumpul di Taman Mandurorejo juga membagikan tas kain sebagai pengganti plastik kepada pengguna jalan yang melintas di Jalan Mandurorejo.
Tidak itu saja, FKH juga membagikan tempat sampah kepada warga yang sebelumnya diarak menggunakan becak dihiasi berbagai sampah rumah tangga. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar ke depan tidak membuang sampah sembarangan dan menolak menggunakan kantong plastik ketika belanja. Karena banyaknya penggunaan kantong plastik mengakibatkan lingkungan tercemar.
Bupati Pekalongan, H Amat Antono, ketika di lokasi mengapresiasi adanya kegiatan tersebut, karena dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan indah.
“Kampanye lingkungan itu dimulai dari diri sendiri, dan ini merupakan hal yang bagus, jangan merisaukan orang lain apabila belum sadar dan mulailah dari diri kita. Berani menolak tas kresek (plastik) dan mengambil sampah di jalan kita jangan risih, berikan contoh kepada masyarakat,”
Diakui bahwa cermin menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan indah memang harus diawali dari diri sendiri, kemudian keluarga dan masyarakat.
“Saya menyambut baik, kembangkan pada diri sendiri dan keluarga, saya titip Pekalongan kepada semua untuk tetap bersih, dan indah. Sebab apabila tidak diawali sekarang dan diri kita sendiri mustahil semua itu akan tercapai,” imbuhnya.
Sementara Koordinator Forum Kota Hijau Kabupaten Pekalongan, Thomas Hari Adi menambahkan bahwa aksi grebeg sampah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian untuk tetap menjaga lingkungan tetap bersih. “Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat akan tergugah untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan hijau, membuang sampah pada tempatnya tidak menggunakan tas plastik yang mempercepat pemanasan global dan mengakibatkan pencemaran lingkungan.” 
(sumber:Radarpekalongan)
Diberdayakan oleh Blogger.