Header Ads

Ribuan Pemudik Mulai Padati Pelabuhan

Ribuan Pemudik Mulai Padati Pelabuhan
Ilustrasi pemudik di pelabuhan. (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)
Jakarta - Alur puncak arus mudik h-5 lebaran 2019 mulai terlihat. Ribuan penumpang memenuhi Pelabuhan Makasar, eks Sukarno Hatta, Sulawesi Selatan pada Jumat (31/5) tengah malam. Mereka harus menunggu cukup lama lantaran ada empat kapal Pelni yang membongkar muatan kapal secara bersamaan.

Dilansir Antara, petugas keamanan tampak sibuk menahan arus penumpang yang sudah tak sabar menaiki kapal, sedangkan ruang tunggu semakin sesak. 

KM Dorondola, KM Tilong Kabila dan KM Lambelu bersandar bersamaan, sementara KM Ciremai masih berlabuh menunggu di luar dermaga. 

"KM Ceremai harus masuk karena sudah lama di luar. KM Dorolonda harus dibawa keluar agar JM Ceremai bisa bersandar menurunkan penumpang," kata Kepala Cabang PT Pelni Makassar.


Di luar pelabuhan, kemacetan terjadi cukup parah karena ratusan kendaraan berusaha masuk pelabuhan. Lahan parkir disebut tak mampu menampung jumlah kendaraan sehingga sebuah lahan kontainer harus dibuka.

Diperkirakan, sekitar 5000 orang hendak mudik dari Pelabuhan Makassar. 

Pelabuhan Bakauheni Mulai Sibuk

Di Lampung Selatan, Pelabuhan Bakauheni mulai terlihat sibuk. Banyak pemudik akan menyeberang dari Pelabuhan Merak Banten. Kapal-kapal feri silih berganti bersandar menurunkan pemudik.

"Sampai hari ini kita mengoperasikan 35 kapal feri untuk mengangkut penumpang dengan 36 trip," kata Manager Usaha PT ASDP Cabang Bakauheni Sugeng Purwono.


Sugeng mengatakan, laporan yang masuk dari pukul 20.00 mencatat 25.042 orang mudik dari Pelabuhan Bakauheni, dengan rincian penumpang pejalan kaki sebanyak 1.977 orang dan penumpang dalam kendaraan berjumlah 23.065 orang.

Dia memprediksi pelabuhan akan semakin ramai pada Sabtu dan Minggu esok karena ASN dan karyawan pabrik sudah mulai libur. 

Tak sedikit dari pemudik pejalan kaki maupun roda dua yang baru turun dari dermaga Pelabuhan Bakauheni memilih bermalam di kawasan itu sebelum melanjutkan perjalanan. Pantauan di lokasi arus balik dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa dilaporkan lengang. 


(CNN Indonesia)

Diberdayakan oleh Blogger.