Header Ads

Kesalnya Vettel, Finis Pertama tapi Gagal Jadi Juara

Sebastian Vettel jadi runner up meski finis pertama di GP Kanada (Dan Istitene/Getty Images) F1 GP Kanada memunculkan Lewis Hamilton sebagai juara. Sebastian Vettel, yang finis pertama, harus puas berada di posisi kedua setelah dapat penalti lima detik.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Gilles Villeneuve, Senin (10/6/2019) dinihari WIB, Vettel berhasil memimpin di mayoritas balapan. Memulai race dari posisi paling depan, driver Ferrari itu berhasil menjaga posisinya sampai menyentuh garis finis.

Namun Vettel tak berhak mengklaim kemenangan yang dia raih. Vettel dijatuhi hukuman penalti lima detik akibat sebuah insiden dengan Hamilton di tengah balapan. Itu artinya catatan waktu totalnya saat menyentuh garis finis harus ditambah lima detik.

Insiden yang menyebabkan Vettel terkena penalti terjadi pada lap 48. Dalam situasi dipepet oleh Hamilton, Vettel kehilangan kendali bagian belakang mobilnya yang melebar ke rumput saat akan keluar tikungan.

Vettel bisa kembali ke trek berbarengan dengan Hamilton yang akan melakukan manuver untuk menyalip di antara mobil Ferrari dan tembok pembatas lintasan. Demi menghindari tabrakan Hamilton memilih 'mundur', Vettel pun bisa mempertahankan posisinya.

"Yang benar saja. Anda pasti benar-benar buta untuk berpikir kalau Anda bisa keluar dari rumput dan mengendalikan mobil - saya beruntung tidak menghantam tembok. Memangnya ke mana saya harus mengarahkan mobil? Ini tidak adil. Penonton yang hebat. Balapan yang hebat. Grazie," kata Vettel usai balapan dikutip dari Guardian.
(Detik.com)
Diberdayakan oleh Blogger.