Header Ads

Gebyar Syawalan Gunungan Gebral di Pekajangan Memasuki Tahun Ke 21

KAJEN -  Gebyar Syawalan dengan gunungan gebral yang sudah berjalan puluhan tahun ,kembali digelar di Gang 20 Desa Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan,Minggu (9/06/2019).

Dalam acara tersebut gunungan gebral setinggi 1,5 meter menjadi pusat perhatian masyarakat yang datang.Sebelum dibagikan kepada masyarakat,Bupati dipersilahkan untuk memotong pertama kali gunungan gebral tersebut.

Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi saat ditemui awak media mengatakan,bahwa pihaknya menyarankan agar tidak berhenti di gebyar syawalan saja,tetapi harus dipasarkan.

"Ini yang dinamakan mendidik jiwa entrepreneurship masyarakat,jadi tidak berhenti di gebyar syawalan saja tapi harus dipasarkan melalui cafe-cafe yang kita kemas secara modern dan dikelola oleh anak-anak muda,"ungkapnya.

Pihaknya,berharap nantinya melalui acara tersebut bisa mendatangakan keuntungan ekonomi bagi masyarakat,terutama bagi anak muda,tentu saja dengan melakukan pemasaran gebral,yang merupakan jajanan lokal.

Sementara itu salah seorang panitia,Muhammad Yuniarsi Soleh  menuturkan,bahwa acara gebyar syawalan 2019 di Desa Pekajangan merupakan tahun ke 21.

"Ini sudah berjalan 21 tahun,kita persiapkan untuk kelapa satu minggu sebelum lebaran sedangkan untuk singkong datang pada H+5,tinggi gunungan 1,5 meter,"tuturnya

Dikatakan,acara gunungan gebral yang dilaksanakan setiap tahunnya bertujuan untuk mempererat silaturahmi masyarakat pekajangan sekaligus untuk halal bihalal.(Ros-Nk)



Diberdayakan oleh Blogger.