Header Ads

11 SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan Buka Pendaftaran Online

KAJEN - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2010 didadasarkan pada peraturan dari Permendikbud no 51 tahun 2018 yang sudah diturunkan ke Peraturan Bupati.Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dindikbup Kabupaten Pekalongan,kemarin.

"Terkait dengan tata cara secara teknis sudah kita turunkan di perpu,tapi yang perlu dipahami untuk tata cara 2019/2020 ini PPDB zonasi,"ungkapnya.

Dikatakan,dalam PPDB sekolah harus menerima anak-anak yang berada disekitar sekolah sebanyak 90 persen,5 persen untuk anak yang orang tuanya pindah dan 5 persen sisanya untuk prestasi.

"Jadi  90 persen itu nanti sekolah  menerima anak-anak diusia jenjang tertentu tentunya yang ada di sekitar sekolah tersebut,jadi bener-bener jarak antara rumah calon peserta didik dengan sekolah.Kemudian 5 persen untuk perpindahan orang tua itu maksimal,dan 5 persen lagi untuk prestasi,"katanya.

Disebutkan,untuk pendaftaran sekolah dimulai pada tanggal 17 s/d 21 juni 2019.Adapun untuk pendaftaran online ada di 11 SMP yaitu SMPN 1 sragi, SMPN 2 sragi, SMPN 1 kesesi, SMPN 1 kajen, SMPN 1 bojong, SMPN 1 karanganyar, SMPN 1 tirto, SMPN 1 wiradesa, SMPN 1 kedungwuni, SMPN 2 kedungwuni dan SMPN 1 wonopringgo.

"Dari 63 SMP di Kabupaten Pekalongan yang melaksanakan PPDB online yaitu masih 11 sekolah,"tuturnya.

Harapan terkait sistem Zonasi,menurutnya,agar tidak ada sekolah favorit dan semua sekolah harus menjadi sekolah yang diminati masyarakat.

"Untuk tasyakuran kita sudah buat edaran,sekolah tidak boleh memungut apapun,SD dan SMP kan wajib belajar jadi harus bebas pungutan,"tandasnya.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.