Header Ads

Hardiknas,Bupati Launching Gerakan Kudu Sekolah

KAJEN – Gerakan Kudu Sekolah Bertepatan dilauncing bersamaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2019 di alun-alun Kajen, Kamis (2/5/2019).

Sebagai tanda dilaunchingnya program Kudu Sekolah, dalam upacara peringatan Hardiknas tersebut Bupati menyerahkan buku masing-masing kepada Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan Hj. Sumarwati, S.Pd.,M.AP mewakili Pemerintah dan kepada kelompok strategis masyarakat lainnya yang diwakili Direktur Bank Jateng Cabang Kajen, perwakilan Kompak.

Selanjutnya, penyerahan bantuan biaya sekolah bagi anak putus sekolah secara simbolis dan penyerahan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan dengan masa kerja diatas 30 tahun ke atas untuk tingkat TK, SD hingga SMP baik negeri maupun swasta.

Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi dalam upacara tersebut mengungkapkan gerakan Kudu Sekolah ini bersifat kolaboratif antara pemerintah dengan kelompok-kelompok strategis yang ada di masyarakat.

 "KUDU itu dalam bahasa Jawa artinya harus. Namun KUDU kali ini adalah singkatan dari Kembali Upayakan Dukungan untuk Sekolah,” katanya.

Bupati Asip mengatakan, adanya gerakan tersebut untuk memberikan pendidikan kepada seluruh warga Kabupaten Pekalongan untuk bersekolah.

"Seluruh warga Kabupaten Pekalongan yang usianya sekolah, harus sekolah. Mengenai adanya persoalan mereka tidak sekolah, kami akan petakan dan selesaikan persoalan tersebut. Sehingga pada tahun ini semuanya bisa sekolah,ini dilakukan untuk menuju rintisan wajib belajar selama 12 tahun pada 2020. "jelasnya.

Bupati Asip menambahkan di Hardiknas ini pihaknya berpesan kepada para pendidik untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Pekalongan dan memperluas program-program penunjang, agar mutu sekolah lebih merata kualitasnya serta tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Sebagai penghujung aupacara Hardiknas tingkat Kabupaten Pekalongan dipersembahkan tari nusantara masing-masing yakni tari Pasembahan dari Sumatera, tari Gantar dari Kalimantan dan tari Jaranan dari Jawa Tengah.

Hadir pula dalam Upacara Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH., serta para perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM beserta seluruh Kepala OPD se Kabupaten Pekalongan.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.