Header Ads

Banjir Rob Semakin Meluas

KAJEN - Rob semakin meluas,tidak hanya di kawasan utara Kabupaten Pekalongan saja,namun saat ini sudah merambah ke kawasan selatan melalui sungai Meduri,Hal ini tentu menjadikan masyarakat kian resah.Bahkan saat meninjau langsung di Desa pacar Kecamatan Tirto,Bupati mengaku terkejut.Senin siang (20/05/2019).

"Biasanya rob itu di utara, tapi ini sudah masuk jalan seberang jalur Pantura. Kondisi rob di kawasan permukiman selatan pantai ini harus dilakukan penanganan ekstra, karena memang ada kondisi lain dari masalah rob ini," kata Bupati Pekalongan,Asip Kholbihi.

Disebutkan,di Kabupaten Pekalongan ada empat kecamatan terdampak rob, masing-masing Kecamatan Wonokerto, Tirto, Siwalan, dan Wiradesa. Sehingga masyarakat tidak bisa beraktifitas atau lumpuh.

Namun pembangunan tanggul melintang raksasa penahan rob yang sekarang ini proyeknya sedang berlangsung,sehingga menurut Bupati mampu menekan rob secara signifikan. 

"Alhamdulillah sekarang sudah ada dampak baiknya, kemarin-kemarin rob tinggi tapi tidak ada pengungsian berarti tidak separah tahun sebelumnya. Mudah-mudahan semuanya teratasi, dan lebih maksimal setelah tanggul terselesaikan," terangnya.

Adapun untuk kondisi-kondisi darurat penanganan rob, dilakukan kerjasama dengan masyarakat, membuat tanggul-tanggul ala kadarnya untuk mencegah supaya limpasannya tidak masuk permukiman warga.

Kemudian untuk kondisi di wilayah selatan, menurut Bupati dibutuhkan penanganan khusus.Rencananya Bupati rabu besok (red:hari ini), akan menyampaikan ke Kepala BBWS Pemali Juana untuk menutup Kali Meduri di hilir, kemudian perbaikan parapet, serta perbaikan sistem drainase.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.