Header Ads

Gelar Budaya Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

KAJEN – Gelar Budaya Bawaslu demi Mewujudkan Pemilu yang Bermartabat dan Berintegritas dilaksanakan di boulevard Jalan Mandurorejo Kajen, Minggu (31/3/2019) pagi.


Koordinator Divisi Hukumk,Data Dan Informasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan Wahyudi Sutrisno mengatakan, bahwa ini merupakan salah satu rangkaian acara sosialisasi untuk seluruh lapisan masyarakat.

"Sebelumnya kita juga sudah memberikan sosialisasi pada pemilih pemula,pelajar dan guru,dengan gelar budaya ini kita ingin memberikan sosialisasi bagi seluruh lapisan masyarakat terutama yang ada di CFD (Car Free Day),"ungkapnya,

Pihaknya berharap masyarakat lebih mengetahui bahwa pengawasan bukan sesuatu yang menakutkan,dan semua masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Ahmad Zulfahmi menuturkan bahwa tujuan kegiatan untuk mengajak masyarakat mensuskseskan Pemiku 2019 dengan cara mengawasi pelaksanaan Pemilu. 

“Apabila ada pelanggaran dilaporkan kepada panwas. Karena keberadaan Panwas yakni adanya amanat undang-undang untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan berkoordinasi dengan stakeholder,” ujarnya.

Ditambahkan,dari hasi pengawasan Bawaslu, saat ini ada 21 dugaan pelanggaran dan 9 sudah ditindaklanjuti. Namun dari 21 dugaan pelanggaran tersebut yang berasal dari laporan masyarakat sangat minim sehingga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan.(Ros-Nk)

Diberdayakan oleh Blogger.