Header Ads

Festival Pertunjukan Rakyat Jadi Ajang Seleksi

KAJEN - Acara rutin tahunan Dinkominfo Kabupaten Pekalongan, Festival pertunjukan rakyat digelar di depan Kantor Seketariat Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) di Komplek Alun-alun Selatan Kajen,Minggu (29/04/2019).

Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan,Anis Rosyidi mengungkapkan bahwa festival tersebut merupakan Festival kesenian tradisional dan merupakan seleksi yang nantinya akan diajukan ke seleksi tingkat Jawa Tengah.

"Ini berjenjang dari tingkat Kabupaten,provinsi dan puncaknya akan diadakan Festival Kesenian Tradisional Nasional bersamaan dengan kegiatan Bakohumas se-indonesia,"ungkapnya.

Tujuan diadakan acara tersebut,menurutnya adalah untuk menghidupkan kembali saluran-saluran komunikasi kesenian tradisional untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah,seperti apa yang sudah dan apa yang belum dilakukan oleh Pemerintah.

"Oleh karena itu salah satu (tujuan) kegiatan ini adalah memperdayakan kembali kesenian teradisonal di masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan pesan-pesan yang baik dari pemerintah,harapannya ya jelas apa yang dikehendaki masyarakat tersampaikan ke publik,"katanya.

Anis berharap agar semua pemangku kebijakan bisa bersinergi untuk memberdayakan kesenian tradisional sehingga semua tujuan masing-masing dinas bisa tercapai.

"Semua pemangku kepentingan harus duduk bersama ada Diporapar,Dindikbud,Dinkominfo,ada mitra pemerintah seperti FK Metra,Lesbumi dan Dewan Kesenian daerah (DKD),yang selama ini berjalan sendiri-sendiri,kalau kita bersinergi,saya yakin bisa semakin baik dan tujuan masing-masing dinas bisa tercapai,"tandasnya.

Hadir dalam festival tersebut beberapa sanggar atau kelompok kesenian dari berbagai kecamatan,seperti Sanggar Kuda Kembar Desa Sabarwangi,Sanggar Kobuira Wiradesa,Sanggar Karawitan Wisanggeni Kecamatan Bojong,dll.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.