Header Ads

Bus Sekolah Dilaunching,Layani Rute Talun Dan Karangdadap

KAJEN - Untuk mengurangi para pelajar yang mengendarai sepeda motor,Bus Sekolah untuk pelajar dilaunching,di SMP N 1 Karangdadap,Sabtu (27/04/2019).

Sekda Kabupaten Pekalongan,Mukaromah Syakoer dalam sambutannya mewakili Bupati Pekalongan mengatakan,bahwa Bus Sekolah ini merupakan wujud peran Kabupaten Pekalongan dalam memberikan subsidi  pelayanan angkutan umum dan kemudahan transportasi bagi pelajar di Kabupaten Pekalongan.

"Ini juga untuk meringankan beban para orang tua dan membantu ketepatan waktu siswa,serta membantu meningkatkan kedisiplinan siswa tiba disekolah tepat waktu,"ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya Bus Sekolah,bisa mengurangi para pelajar yang mendarai sepeda motor dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang sering dialami oleh para pelajar.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan,Ahmad Muchlisin  menuturkan bahwa Bus Sekolah tersebut merupakan  hibah dari Kementrian Perhubungan untuk Kabupaten Pekalongan pada 5 Desember 2018.

"Bus Sekolah ini juga merupakan reward atau penghargaan bagi Pemkab Pekalongan yang telah dua kali berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia road safety award dan mendapatkan juara umum untuk kategori jumlah penduduk kurang dari satu juta pada 2016 dan 2017,"katanya.

Dikatakan,nantinya Bus Sekolah tersebut akan melayani rute Talun dan Karangdadap,lantaran dinilai rute tersebut belum terlayani angkutan umum sedangkan anak sekolah pada jalur tersebut cukup banyak.

"Sekolah di rute itu SMP Negeri 1 Doro, SMP NU Karangdadap, SMP Negeri 1 Karangdadap, dan SMK 1 Karangdadap,"imbuhnya.

Adapun kapasitas Bis Sekolah tersebut hanya 40 siswa baik yang duduk maupun berdiri.Sebelum dioperasikan dilakukan tradisi penyiraman Bus Sekolah tersebut dan pemecahan kendi.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.