Header Ads

Turnamen Sepak Bola PWI Cup Akan Jadi Agenda Tahunan

KAJENPembukaan turnamen Sepak Bola SSB PWI Jateng Cup  di Lapangan Nasional, Kelurahan / Kecamatan Kajen, ditandai dengan tendangan sepak bola dari orang nomor satu di Pemkab Pekalongan,KH.Asip Kholbihi kepada pemimpin pertandingan atau wasit.Sabtu (23/03/2019).

Dalam acara tersebut Bupati menyetujui Festival Sepak Bola SSB PWI Jateng Cup menjadi agenda tahunan. Tentu saja nanti bekerja sama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan.

"Semoga event ini bisa menjadi salah satu ajang mencari bibit bibit kedepan, pemain pemain asepak bola profesional," kata Bupati.

Sebelumnya, sebanyak 24 tim atau club Sekolah Sepak Bola (SSB) usia dibawah 11 tahun dari berbagai daerah di Jawa Tengah siap memperembutkan piala PWI Jateng Cup 2019 serta hadiah total Rp 10.000.000 dalam Festival Sepak Bola SSB U-11.

Turnamen itu diadakan hasil kerja sama antara PWI Kabupaten Pekalongan dan Hizbul Wathan (HW) Kajen, pelaksanaan event tersebut pada 23-24 Maret 2019.

Ketua Panitia, M Ashon menyampaikan, batas usia pemain adalah siswa SSB dengan kelahiran Januari 2008 atau setelahnya. Adapun jumlah pemain yang boleh di daftarkan dalam satu pertandingan  adalah 15 ( pemain yang terdiri dari 9  pemain inti dan 6 pemain cadangan.

"15 menit sebelum pertandingan dimulai kedua tim yang akan bertanding harus sudah hadir di pinggir lapangan dan official tim menyerahkan Daftar Susunan Pemain ( DSP ) kepada Pengawas Pertandingan ( PP ).Sebelum pertandingan diadakan checking pemain oleh Panitia dan Check silang antar official kedua team dengan mekanisme pengecekan kartu pemain," jelasnya.

Adapun dimensi lapangan yang digunakan untuk pertandingan yaitu   68 m x 50m. Kotak pinalti  13 meter dari gawang, sedangkan dimensi  gawang    5 m x 2,1 m. Selanjutnya untuk peraturan pertandingan, ia menjelaskan, peserta dibagi ke dalam 6 group, satu group terdiri dari 4 tim.

Pertandingan menggunakan sistem  setengah kompetisi atau semua tim dalam satu group akan saling berhadapan. Sehubungan dengan durasi waktu pertandingan adalah 2 x 10 menit dengan waktu istirahat maks 5 menit.

"Putaran final enggunakan sistem gugur; tim yang menang maju ke babak berikutnya dan yang kalah selesai mengikuti festival SSB PWI Jateng Cup 2019 ini," tandasnya.

Pada pelaksanaan event ini PWI Kabupaten Pekalongan menyiapkan hadiah undian berupa sepeda dan lainnya untuk para penonton Festival Sepak Bola SSB U-11 tahun, PWI Jateng Cup 2019.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Pekalongan Agus Setiawan menambahkan, semangat dalam event ini adalah untuk memberikan ruang dan pembinaan kepada atlet sepak bola yunior atau usia dibawah 11 tahun agar memiliki jadwal tanding yang tinggi. Sebab semakin banyak ada ruang pertandingan akan mengasah mental tanding para pesepak bola anak usia dibawah 11 tahun. (R-N)
Diberdayakan oleh Blogger.