Header Ads

Bupati Keluarkan Peraturan Tentang Sampah Plastik

KAJEN  Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah  mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbub) Pekalongan Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengurangan Sampah Plastik.Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi saat bergotong-royong membersihkan sampah Sungai Mrican, di antara Desa Wonokerto Wetan dan Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan bersama masyarakat dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Bersih Jumat Pagi (BERJUMPA), Jumat (22/3/2019).

"Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengurangan Sampah Plastik. Kami juga mewacanakan jadi Kabupaten terbebas dari sampah plastik pada 2025,"ungkapnya.



Menurut Bupati,Perbub tersebut dibuat karena sampah plastik  perlu dibatasi agar tidak semakin mencemari lingkungan. Pihaknya berharap dibuatnya Perbup bisa mengingkatkan kesadaran masyarakat dan bisa menekan jumlah sampah plastik.

"Setiap pemukiman akan disediakan tong sampah untuk menampung sampah, terutama sampah plastik. Karena sampah plastik di Kabupaten Pekalongon mencapai 40 ton setiap harinya.Sampah plastik tidak bisa diurai oleh alam dan giat kebersihan semacam ini sangat diperlukan sebagai stimulan kesadaran masyarakat lainnya," tambahnya.



Turut serta ratusan orang dalam acara kebersihan tersebut diantaranya para pelajar, pemerintahan, TNI, Polri, hingga komunitas pecinta lingkungan. Tercatat lebih dari 500 orang terlibat dan berjibaku membersihkan sampah di sepanjang bantaran sungai, menggunakan alat seadanya, yang dibawa dan dimiliki mereka. Bahkan, kedua tangan mereka pun menjadi alat untuk memunguti  sampah yang berada di sepanjang aliran Sungai Mrican tersebut.

"Kegiatan ini rutin dilakukan masyarakat setiap Jumat pagi. Tidak hanya di Wonokerto, bahkan kecamatan lain di Kabupaten Pekalongan," imbuh Bupati.(Ros-Nk)


Diberdayakan oleh Blogger.