Header Ads

Durian Lemah Abang Jadi Unggulan di Festival Durian Lolong

KAJEN - Festival Durian Lolong tidak pernah sepi,event tahunan tersebut selalu menyedot perhatian masyarakat Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya,seperti Sabtu kemarin (9/2/2019) ribuan masyarakat memadati tempat wisata Lolong untuk menyaksikan Festival Durian Lolong.

Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa produksi buah durian di Kabupaten Pekalongan pada tahun 2019 sebanyak 143 ribu kuintal.

"Produksi durian pada tahun ini 143 ribu kuintal kalau kemarin 145 ribu kuintal,itu kalau dihitung puluhan miliar,ini menjadi intan bagi petani durian,"ungkapnya.

Dikatakan,tujuan diadakannya festival durian adalah untuk melestarikan durian lokal.Kedepan,pihaknya juga akan mengusahakan sertifikasi durian unggul di Kabupaten Pekalongan yaitu durian Lolong.

"Sertifikasi itu semacam labeling sehingga bisa meningkatkan nilai durian lokal dan akan menjadi ciri khas buah durian lokal asli.Seperti tadi ada pemenang kotes buah durian dari lebakbarang itu varietas duriannya juga akan kami kembangkan,ini tugas bagi Dinas pertanian dan Perkebunan,"tandasnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariisata (Dinporapar) mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut juga menjadi ajang mempromosikan wisata Lolong kepada masyakat.

"Berkaitan dengan tempat memang menjadi masalah tapi letak historisnya memang disini,beberapa masukan agar kedepan tempatnya bisa digeser di lapangan limbangan atau disekitar kantor kecamatan karanganyar,ini masih kita pertimbangkan,atau acaranya disana nanti puncaknya disini,memang acara ini semakin besar tempat juga menjadi masalah,"katanya.

Salah seorang pemenang kontes durian,Basuni mengungkapkan bahwa durian miliknya bernama durian basir dan asli dari suroloyo Lemahabang Kecamatan Doro,dengan keunggulan durian memiliki daging yang tebal,biji kecil dan rasa yang khas.

"Saya menanam sendiri,sudah 17 tahun,rasanya istimewa,kalau saya jual per buah Rp.100 ribu dan kadang lebih,"ungkapnya.

Adapun,Lomba Tumpeng Durian tingkat Rt Desa Lolong,juara 1 diraih oleh Rt.5,juara 2 Rt.9 dan juara 3 Rt.6.Kemudian  untuk Pemenang durian unggulan diraih oleh Basuni dari Lemah Abang Kecamatan Doro,juara 2 Yanto dari Lemah Abang Kecamatan Doro dan juara 3 Irfan dari Paninggaran.Sedangkan Juara durian favorit Forkompinda diraih oleh Udin dari Lebakbarang.(Ros-Nk)


Diberdayakan oleh Blogger.