Header Ads

Upacara Amal Bakti,Bupati Ungkap Angka Kemiskinan Menurun

KAJEN -Angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan pada juni tahun 2016 sebanyak 12,96 persen,kini angka kemiskinan mengalami penurunan menjadi 10,06 persen pada desember 2018.Hal tersebut diungkapkan Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi saat menghadiri Upacara Amal Bakti Kementerian Agama (Kemenag) ke-73 di halaman MAN Pekalongan, Kecamatan Kedungwuni, Kamis (3/1/2019).

Pertumbuhan ekonomi di Kota Santri juga mengalami kenaikan,dimana pada 2016 hanya diangka 4 persen dan kini meningkat menjadi 5,28 persen, di atas pertumbuhan perekonomian Provinsi Jateng yang hanya 5,25 persen.

“Dampak positif secara berkesinambungan mulai bisa dirasa. Pertama, angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan ikut turun, 2016 lalu tepatnya bulan Juni mencapai 12,98 persen, dan pada 2018 Desember menjadi 10,06 persen,” ungkap Bupati.

Dikatakan, tren penurunan angka kemiskinan biasanya ada di angka 0,18 persen. Namun, selama dua tahun Kabupaten Pekalongan berhasil menurunkan angka kemiskinan hampir 3 persen.

 “Adanya penurunan angka kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi, membuat level pengangguran terbuka juga menurun. Karena di Kabupaten Pekalongan pengangguran terbuka ada di level 4, sedangkan Provinsi Jateng masih di level 7,” tambahnya.

Peningkatan kesejahteraan tersebut, dituturkan Asip membawa dampak positif bagi indeks keamanan di Kabupaten Pekalongan. Pasalnya, data dari Polres Pekalongan, angka kejahatan pada 2018 turun secara drastis. “

“Pelayanan publik juga akan terus kami genjot untuk masyarakat. Para OPD wajib hukumnnya mensukseskan pembangunan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat. Karena jabatan nantinya akan dipertanyakan pertanggungjawabannya, baik di dunia maupun akhirat,” tambahnya.
Selesai acara, Bupati didaulat menyerahkan penghargaan kepada para guru berprestasi, baik di tingkat Kabupaten Pekalongan maupun Provinsi Jawa Tengah. 
Upacara tersebut dihadiri pula oleh Kepala Kementerian Agama DR. Kasiman Mahmud Desky beserta jajaran dan diikuti oleh perwakilan sekolah-sekolah dibawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, mulai MI hingga MA/SMK baik negeri maupun swasta.(Ros-Nk)

Diberdayakan oleh Blogger.