Header Ads

Tingkatkan Perekonomian Daerah,9 BUMdes Akan Dibentuk

KAJEN - 9 Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) direncanakan akan segera dibentuk di Kabupaten Pekalongan,hal tersebut untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam peningkatan perekonomian daerah.hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas PMD P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan,Muhammad Afib.Kamis (17/1/2019).

Muhammad Afib mengungkapkan, bahwa di Kabupaten Pekalongan sudah terbentuk 65 BUMdesa dalam dua tahun terakhir.BUMdesa tersebut merupakan badan usaha gabungan dari beberapa desa di Kabupaten Pekalongan.

“Dalam dua tahun terakhir, di Kabupaten Pekalongan sudah terbentuk 65 BUMdes,untuk meningkatkan geliat perekonomian,kami akan menggabungkan BUMdes yang ada dalam satu kecamatan menjadi BUMdes bersama,"ungkapnya.

Dikatakan,selain BUMdes bersama, pihaknya juga berencana akan membentuk kawasan produk unggulan di Kabupaten Pekalongan. 

"kami juga akan bentuk kawasan produk unggulan,dan kawasan tersebut sudah kami petakan.Kawasan produk unggulan ada di Kecamatan Paninggaran, Bojong, Sragi dan Kesesi,"katanya.

Dikatakan,pemilihan tersebut lantaran Kecamatan Paninggaran memiliki potensi peternakan sapi. Sedangkan Kecamatan Bojong, Sragi, dan Kesesi memiliki potensi pertanian yang cukup baik.

"Kecamatan Bojong,Sragi dan Keseso memiliki potensi pertanian padi yang nantinya akan menjadi produk unggulan Kota Santri,” tandasnya.

Pihaknya berharap,beberapa wilayah lainnya bisa meniru,yaitu 272 desa  dan 15 kecamatan yang ada terbentuk BUMdes,untuk mengembangkan potensi daerah masing-masing. (Ros-Nk)

Diberdayakan oleh Blogger.