Header Ads

Jadi Sentra Buah Durian,Kabupaten Pekalongan Kembangkan Jadi Sentra Pariwisata

KAJEN - Buah durian merupakan buah khas daerah tropis,tidak heran jika tumbuh subur di Kabupaten Pekalongan,produktivitas tanaman buah ini termasuk tinggi dan banyak dibudidayakan oleh petani di Kabupaten Pekalongan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan Ir. H. Siswanto, saat menghadiri tasyakuran durian di Desa Lemahabang Kecamatan Doro mengatakan bahwa,sentra durian di Kabupaten Pekalongan ada di Kecamatan Doro, Kecamatan Karanganyar dan sebagian di Kecamatan Talun. ,Selasa (22/1/2019).

"Di Doro ada durian lokal khas yakni jenis Boyo sedangkan di Kecamatan Karanganyar ada durian Lolong," katanya.

Dijelaskan Siswanto, potensi pertanian tersebut perlu dipromosikan sehingga di sentra-sentra durian bisa dikembangkan menjadi sentra pariwisata.

"Festival durian lolong, tasyakuran durian Lemahabang dan kegiatan yang sama merupakan salah satu bentuk promosi produk pertanian oleh masyarakat secara umum, khusus untuk tasyakuran Lemahabang kita sudah mengusulkan untuk dilaksanakan di Watubahan sehingga dapat meningkatkan bersinergi dengan tempat wisata dan dapat meningkatkan ekonomi warga," terangnya.

Pemkab Pekalongan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan mengembangkan varietas tertentu di sentra durian. 

"Kita akan bantu petani terutama dalam penyediaan bibit unggul seperti di Desa Lemahabang ini," pungkasnya. (Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.