Header Ads

1.953 Pemilih Tidak Memenuhi Syarat

KAJEN - Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan di Kabupaten Pekalongan berjumlah 725.790 dengan jumlah laki-laki 366.461 dan perempuan 359.329.Sedangkan pemilih baru berjumlah 1.685, Tidak memenuhi syarat 1.953 dan perbaikan data pemilih 228. Sedangkan pemilih dari golongan disabilitas termasuk gangguan jiwa berjumlah 1.735.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Pekalongan,Ulil Albab dalam Release Kinerja tahun 2018 Bawaslu Kab Pekalongan,kemarin.

“Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan berjumlah 725.790 dengan jumlah laki-laki 366.461 dan perempuan 359.329. Sedangkan pemilih baru berjumlah 1.685, Tidak memenuhi syarat 1.953 dan perbaikan data pemilih 228. Sedangkan pemilih dari golongan disabilitas berjumlah 1.735,” ungkap Ulil.

Dikatakan,meski selalu terkendala saat unggah sidalih setiap penetapan, Bawaslu tetap merujuk pada peraturan sehingga penundaan penetapan DPTHP kedua menjadi rekomendasi. Tak butuh waktu lama keesokan harinya, daftar pemilih hasil penyempurnaan berhasil ditetapkan.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kab. Pekalongan Ahmad Dzul Fahmi mengatakan  pengawasan Pemilu eksekutif dan legislatif  terhadap Pencalonan, Daftar Pemilih, Tahapan Kampanye, Pengawasan logistik sampai dengan masa tenang, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 17 April 2019.
 
“Sebagai lembaga publik kami menyampaikan ke masyarakat secara umum mengenai tugas-tugas kami, juga sebagai bahan evaluasi bagi kami Bawaslu Kab. Pekalongan dan  jajarannya dalam pengawasan Pemilu tahun 2019 agar lebih baik, transparan, akuntable dalam mewujudkan Pemilihan Umum yang berintegritas dan bermartabat,” kata Fahmi.
 
Fahmi menyampaikan Anggota Bawaslu Kab. Pekalongan berjumlah 5 (lima) orang, sedangkan anggota sekretariat Bawaslu Kab. Pekalongan berjumlah 12 (sebelas) orang, jumlah keseluruhan ada 17 (tujuh belas) orang.
 
“ Untuk ditingkat Panwaslu Kecamatan jumlah anggota dari 19 (sembilan belas) Kecamatan adalah 57 (lima puluh tujuh), masing-masing kecamatan terbagi menjadi 3 (tiga) Anggota Panwaslu Kecamatan.
 
Berkaitan dengan pelanggaran, sejauh ini Bawaslu Kab. Pekalongan belum menemukan ataupun mendapatkan laporan terkait dengan pelanggaran pemilu. Meski begitu ada  pelanggaran administrative terkait pemasangan APK dan BK yang melanggar yang berasal dari hasil inventaris dan identifikasi se-Kab. Pekalongan, sebanyak 1.076 buah.(R-N)
Diberdayakan oleh Blogger.