Header Ads

Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (LPJUTS) Terangi Jalan Mbulak

KAJEN - Sepanjang jalan 'mbulak' penghubung antar kecamatan Siwalan, Sragi, dan Wiradesa kini dibangun Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (LPJUTS) yang merupakan bantuan dari Kementerian ESDM. 
Jalur yang yang jauh dari perkampungan alias mbulak ini sebelumnya memang belum ada jaringan listrik PLN, sehingga PJU menggunakan sumber energi tenaga surya atau solar cell.Tentu hal tersebut seringkali dikeluhkan warga karena jalan sering gelap dan dapat mengundang tindak kejahatan.
Penyerahan infrastruktur LPJUTS ini dilakukan di Desa Tunjungsari, Kecamatan Siwalan, oleh Sesditjen Minerba Kementrian ESDM Heri Nurzaman menyerahkan secara langsung infrastruktur LPJUTS kepada lima kepala desa penerima manfaat, Jumat kemarin (7/12). 
 
Dalam kegiatan tersenut,Anggota DPR RI Bung Ramson Siagian, mengatakan bahwa Komisi VII DPR RI mengajukan program itu dan memperjuangkan anggarannya dengan mitra kerja di Kementerian ESDM, dan mulai direalisasikan tahun 2017. 
"Alhamdulillah saya di dapil saya (Pekalongan,Batang,Pemalang) memperoleh sekitar 800 titik, dan ini mau diproses lagi sekitar 700 titik,jadi akan ada sekitar 1.500 titik dalam waktu dekat. Ini program Komisi VII DPR RI Saya sebagai wakil rakyat dari Pekalongan, Batang, Pemalang mengajukan titik-titik yang tepat untuk dipasang instalasi PJU tenaga surya,insya Allah semuanya selesai pada Februari 2019,"tandas Bung Ramson.
Sesditjen Minerba Kementerian ESDM,Heri Nurzaman, mengungkapkan, PJUTS terus berkembang dan diharapkan PJU tenaga surya bisa menjadi solusi yang cocok di daerah terpencil. 
"Pada tahun 2018,pembangunan PJUTS terus dilakukan di setiap pelosok desa, sehingga pada malam hari tidak lagi gelap gulita.Di Kabupaten Pekalongan sendiri terdapat 214 titik PJUTS yang diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat. Kami berpesan agar LPJUTS ini dikelola dan dipelihara dengan baik," tuturnya.
Sementara itu, Kepala Desa Tunjungsari, Muhammad Iskandar, mengatakan LPJU tenaga surya tersebut menerangi jalan yang menghubungkan lima desa antar kecamatan, yakni Desa Tunjungsari, Blimbingwuluh, Bondansari, Waru Lor, dan Desa Waru Kidul.Pihaknya juga sangat berterima kasih kepada semua pihak,terutama Bung Ramson Siagian yang telah menyerap aspirasi mereka,sehingga jalan 'Mbulak' kini jadi terang benderang.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.