Header Ads

Kunker Ke Balikpapan,Bupati Jalin Kerjasama

KAJEN - Ikhtiar Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,MSi dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Santri tak mengenal lelah. Pada beberapa kesempatan Bupati melakukan kunjungan ke berbagai daerah di Indonesia, Bupati melakukan penjajagan membuka pasar produk UMKM Pekalongan dan sharing tata pengelolaan pemerintahan. Yang semuanya bermuara pada mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera.

Seperti kunjungannya ke Kotamadya Balikpapan Kalimantan Timur, pada hari Kamis (6/12/2018), bersama beberapa pejabat Pemkab Pekalongan antara lain Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM., Asisten II Hari Suminto, Kepala Inspektorat (Inspektur) H. Umaidi, Kepala Bappeda dan Litbang Bambang Irianto, Kepala DPU dan Taru Wahyu Kuncoro, Kepala Perkim LH Trinanto, Kepala BPKD Wiryo Santoso, Kabag Pembangunan Kholiq serta Direktur Bank Jateng Cabang Kajen Sulthon Syarif.

Bupati dan rombongan diterima oleh Wakil Walikota Balikpapan Rakhmad Masud dibalaikota setempat. Study banding bertujuan menjalin kerjasama dan silaturahmi antara Kabupaten Pekalongan dan Kota Balikpapan yang merupakan keharusan karena konteks negara kita yaitu NKRI sehingga nantinya dari kerjasama ini produk-produk Balikpapan bisa dijual di Pekalongan begitupun sebaliknya.

Dalam sambutannya Bupati Asip menjelaskan, Balikpapan merupakan kota yang maju dan merupakan pintu masuk perdagangan. Dan banyak sekali pengrajin dan warga Kabupaten Pekalongan yang menetap dan sukses di Balikpapan. 

“Kota Balikpapan merupakan kota multikultur yang sangat menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman budaya. Hal ini terbukti dengan budaya Kabupaten Pekalongan yang mendapat tempat semestinya di Balikpapan. Untuk itu saya menyampaikan terimakasih karena budaya Pekalongan sudah diterima baik di Balikpapan,"ujar Bupati.

Bupati menambahkan kunjungan kerja adalah untuk membangun spirit daerah masing-masing dengan tetap mempertahankan kearifan lokal daerah dan melakukan kerjasama antar daerah Pekalongan dan Balikpapan terutama untuk pembinaan industri atau kerajinan batik yang sudah ada.

"Istri saya selaku Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda juga membina pengrajin-pengrajin batik di nusantara untuk meningkatkan nilai kualitas dan kuantitas batik supaya lebih baik lagi,"tandasnya.

Kepada Wakil Walikota Balikpapan dan jajaran, Bupati Asip menuturkan beberapa keunggulan dari Kabupaten Pekalongan yang diantaranya yaitu batik Pekalongan sudah terkenal di seluruh dunia. Hal itu terjadi karena ekspedisi yang sudah dilakukan oleh pengrajin-pengrajin batik dari Pekalongan yang memasarkan ke seluruh dunia, diantaranya sudah ke Amerika, Rusia, Jepang dan bulan depan akan merambah ke Eropa. Selain itu, ada keunggulan komperatif dan kompetitif yang dimiliki Kabupaten Pekalongan terutama dalam pengembangan industri batik.

“Sumber daya manusianya yaitu para pengrajin jumlahnya ribuan untuk kerajinan batik. Oleh karena itu sektor batik nasional itu 70%nya diproduksi dari Pekalongan dengan signature warna cerah dan bermotif flora dan fauna,” imbuh Bupati.

Masih menurut Bupati, Kabupaten Pekalongan selain memproduksi batik, juga memproduksi Jeans dan itu dibuktikan dengan presentasi 30% dari PDRB itu yaitu masyarakat industri dan berbasis konveksi yang ada Di Kabupaten Pekalongan.

Pada kesempatan ini Bupati mengajak Pemkot Balikpapan untuk bersama-sama  memanfaatkan kegemaran masyarakat jaman sekarang yang suka bepergian dan jalan-jalan dengan memperkenalkan wisata di daerah masing-masing supaya daerah bisa mandiri sekaligus merekatkan silaturahmi dan persatuan-kesatuan antar daerah.
Diberdayakan oleh Blogger.