Header Ads

Kepala Bank Indonesia Tegal Tekankan Pentingkan Sinergi




KAJEN - "Sinergi untuk Ketahanan dan Pertumbuhan" menjadi tema dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di Hotel Santika Pekalongan.yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Tegal.Pada Senin (10/12/2018).

Kepala Bank Indonesia Tegal,Joni Marsius, menekankan pentingnya sinergi dalam mendukung perbaikan ekonomi Indonesia. 

"Di tengah kondisi ekonomi dan keuangan global yang tidak menentu, sinergi merupakan kunci bagi kita semua untuk mampu memperkuat ketahanan dalam menghadapi dampak rambatan global dan   menjaga momentum pertumbuhan ekonomi menuju negara maju yang sejahtera. Paparan kami ini sekaligus sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Bank Indonesia,"tuturnya.

Dikatakan,dengan kondisi perekonomian global yang belum kondusif, bauran kebijakan Bank Indonesia yang telah ditempuh pada 2018 akan semakin diperkuat pada tahun 2019 mendatang. Untuk itu, terdapat 7 (tujuh) area kebijakan yang akan ditempuh oleh Bank Indonesia. 

Diungkapkan,prospek perekonomian ke depan,di tengah perkiraan ekonomi global yang tumbuh melandai, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan meningkat. Secara nasional, pertumbuhan ekonomi 2019 diyakini berada pada kisaran 5,0-5,4%, terutama didorong permintaan domestik. Inflasi 2019 diperkirakan berada pada kisaran sasaran 3,5±1%. 

Sementara dari regional, Bank Indonesia Tegal optimis tahun ini perekonomian di Eks Karesidenan Pekalongan tumbuh lebih tinggi dibandingkan Nasional dan Jawa Tengah dengan angka kisaran 5,4-5,8% dengan faktor pendorong pembangunan jalan tol dan investasi swasta yang meningkat. Untuk inflasi tahun 2018, Bank Indonesia Tegal memproyeksikan akan sesuai dengan target nasional yaitu 3,5±1%, sementara di tahun 2019 target nasional menjadi 3,5±1%. Di tengah berbagai tantangan, kita tidak dapat mengedepankan kepentingan sektoral, namun perlu menyamakan pandangan dan terus bersinergi menyatukan gerak langkah ke depan.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.