Header Ads

China Tangkap Mantan Diplomat Asal Kanada

China Tangkap Mantan Diplomat Asal Kanada
Justin Trudeau. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta - Mantan Diplomat asal Kanada ditahan di China. Penahanan ini memunculkan kekhawatiran di Ottawa dan Washington. Pasalnya, Beijing 'mengoceh' mengenai penangkapan seorang eksekutif teknologi senior.

"Kami sadar akan situasi seorang Kanada yang ditahan di China. Kami telah melakukan kontak langsung dengan China," kata Perdana Menteri Justin Trudeau kepada wartawan.

Dia menambahkan masalah penangkapan ini sangat serius. 


Grup Krisis Internasional mengatakan mereka mengetahui penahanan karyawannya Michael Kovrig, seorang ahli berbahasa China.

"Kami melakukan segala kemungkinan untuk mengamankan informasi tambahan tentang keberadaan Michael serta pelepasannya yang cepat dan aman," kata lembaga tersebut. 

Amerika Serikat bereaksi cepat, meminta Beijing untuk mematuhi komitmennya terhadap hak asasi manusia.


"Kami mendesak China untuk mengakhiri semua bentuk penahanan sewenang-wenang dan untuk menghormati perlindungan dan kebebasan semua individu di bawah komitmen hak asasi manusia dan konsuler internasional China," kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Robert Palladino kepada wartawan. 

Tidak ada kata resmi dari China, tetapi penahanan itu dilakukan setelah penangkapan Kanada atas Meng Wanzhou, CFO Huawei, atas permintaan ekstradisi AS.

(CNNIndonesia)
Diberdayakan oleh Blogger.