Header Ads

Bupati Beli Batik Seharga Rp 100 Juta

KAJENBupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si membeli Batik seharga Rp 100 juta untuk koleksi Pemkab, dalam acara fashion show batik di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Jumat (21/12/2018) malam.

Diketahui batik tersebut merupakan karya dari Sapuan perajin batik asal Kabupaten Pekalongan, yang sudah dipamerkan ke beberapa negara termasuk Swiss.

Bupati Asip menerangkan, dalam rangka menyambut Hari Ibu, Pemkab mengadakan acara fashion show batik karena batik merupakan seni adiluhur, dan batik adalah karya yang mengedepankan kerja bersama.

“Karya batik Dewa Ruci merupakan produk yang hebat, dan harganya Rp 100 juta, menurut kami sagat layak untuk dijadikan koleksi daerah dan akan kami koleksi,” katanya.

Pihaknya sangat bersyukur, karena Kabupaten Pekalongan memiliki seniman batik yang memiliki karya luar biasa. Untuk itu, pihaknya menggelar acara untuk mengapresiasi karya batik.

“Tahun depan kami akan pasarkan batik ke Spanyol, mengingat beberapa waktu lalu kami sudah pasarkan batik ke Rusia dan Amerika, dan hasilnya, warga Rusia dan Amerika mencari batik hingga ke Pekalongan. Walaupun belum masif akan terus kami lakukan agar kejayaan batik bisa kembali lagi,” tambahnya.

Untuk mengembangkan batik, pihaknya berharap semua OPD bergerak dan mengembangkan batik yang merupakan produk khas Pekalongan. “Pemkab Pekalongan akan melakukan kerjasama dengan beberapa daerah untuk mempopulerkan batik. Kemungkinan dalam waktu dekat akan kami pamerkan batik ke Banyuwangi, supaya batik Pekalongan menginspirasi daerah lain,” tuturnya.
Diberdayakan oleh Blogger.