Header Ads

Angka Kematian Ibu dan Bayi Menurun

KAJEN - Monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan program inovasi Gema Setia bekerjasama dengan CSR Tower Bersama Infrastruktur Group (TBIG) dilakukan istri Bupati Pekalongan,Munafah Asip,di Kantor Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan,pada Jum'at (28/12/2018).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi SH, MSi, dan Jajaran Tim TBIG Jakarta tersebut,juga dilakukan pemeriksaan ibu hamil resiko tinggi atau RESTI  oleh dr.Dewi Lowati Dsog,pemeriksaan umum dan pemeriksaan laborat sederhana.

"Kegiatan ini monitoring kegiatan Gema setia yang sudah setahun ini dijalankan,untuk melihat keberhasilannya seperti apa,"kata Munafah Asip.

Dikatakan,di Kabupaten Pekalongan pada tahun 2014 rangking 11 (sebelas) seJawa Tengah dengan angka kematian ibu (AKI) 35 dan angka kematian bayi (AKB) 156,tahun 2015 AKI 22 dan AKB 126,selanjutnya tahun 2016 AKI 18 dan AKB 172,kemarin tahun 2017 AKI 16 dan AKB 131.

"Keberhasilan gema setia yaitu sekarang AKI 10 dan AKB 8 menurun,rangking 17 sejawa tengah,gema setia ini sangat membantu sekali dalam menurunkan angka kematian ibu dan balita,"ungkapnya.
Adapun dalam kegiatan di Kecamatan Kedungwuni tersebut terdapat 991 ibu hamil, dan 170 diantaranya mengalami Resti atau beresiko tinggi,diharapkan setelah dilakukan pemeriksaan dapat teridentifikasi dan dilakukan penanganan  selanjutnya,agar Ibu dan bayinya dapat lahir dengan selamat dan sehat.(Ros-Nk)
Diberdayakan oleh Blogger.