Header Ads

Akhir Tahun,Pemkab Dapat Penghargaan APE Madya

KAJEN - Menjelang berakhirnya Tahun 2018 ini Kabupaten Pekalongan secara berturut turut pada bulan Desember ini meraih 4 penghargaan, baik tingkat  Propinsi hingga nasional.  Setelah sebelumnya penghargaan dari kedutaan Australia,  BPK Jateng dan Penghargaan Propinsi Jateng terkait indek daya saing daerah. Dan pada hari ini kembali Kabupaten Pekalongan  mendapat penghargaan dari Anugerah Parahitha Ekapraya ( APE) atau penghargaan kepada komitmen Pemerintah terhadap Pengarusutamaan Gender. Penghargaan ini dipersembahkan oleh Kementrian  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak Republik Indonesia. Pada hari ini di Sekretariat Wakil Kepresidenan RI di Jakarta. (19/12) 

Penyerahan penghargaan diawali  oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dan diteruskan   oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak Republik Indonesia  Prof DR Yohana Susana Yembise, Dip Apling MA.  Dan bagi pemkab ini merupakan penghargaan yang ketiga dan naik strata dari katagori Pratama ke menjadi Katagori Madya

Sementara itu Wakil Bupati Pekalongan Ir.  Arini Harimurti sesaat setelah penyerahan penghargaan menyampaikan  rasa syukur karena Kabupaten Pekalongan tahun ini bisa memperoleh penghargaan dari APE masuk sebagai kategori Madya dimana dua tahun sebelumnya mendapat penghargaan untuk kategori Pratama. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kelas dari Pratama menjadi Madya.
Dan dengan adanya kenaikan kelas ini Kabupaten Pekalongan dinilai didalam berkomitmen untuk program kesetaraan gender ini semakin membaik. Dan harapan beliau dengan adanya kenaikan tingkat ini dapat memacu dan memberikan semangat bekerja menjadi lebih baik lagi.

Menurut Arini, kesetaraan gender itu sendiri akan terwujud apabila ada perubahan-perubahan . Perubahan yang pertama mungkin perubahan teknologi, kemudian disusul dengan adanya perubahan pendidikan . Dimana dahulu wanita hanya menghabiskan waktu untuk urusan rumah tangga(mencuci) saja.

Dan beliau sangat bersyukur atas penghargaan ini yang khusunya Terima kasih  pada dinas terkait atas tercapainya semua ini., karena merupakan hasil dari usaha-usaha dari dinas terkaitlah hingga  dapat tercapai semua ini.

Dan untuk masyarakat dengan adanya semua ini pemerintah akan lebih memberikan kebijakan yang mengarutamakan kesetaraan gender artinya tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan  didalam seluruh aspek yang sesuai proporsional dimanapun dilapangan  profesi dan fungsi.

Sementara itu dikesempatan yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (PMD P3A dan PPKB)  Muhammad Afib. S.Sos menyampaikan bahwa APE sendiri merupakan Anugerah Parahita Eka Praya ,jadi penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada daerah dalam rangka kesetaraan gender dan manajemen pengelolaan. Persamaan gender itu sendiri diharapkan bisa proporsional dengan tidak membedakan antara perempuan atau laki-laki  dalam seluruh aspek baik dibidang politik,birokrasi dan dalam seluruh aspek yang sesuai dengan proporsi masing-masing.

Oleh karena itu  setiap tahunnya untuk bisa dikoordinasikan serta disupport oleh steakholder dan para OPD itu untuk seluruh aktivitas bergerak dalam rangka menyukseskan program kesetaraan gender dan juga untuk anak.
Jadi dari dinas sendiri berperan sebagai penggerak dan pendorong serta mengkoordinasi seluruh aspek kegiatan kebijakan maupun aplikasi yang harus berorientasi pada program kesetaraan gender juga sekaligus untuk pelayakannya.
Diberdayakan oleh Blogger.