Header Ads

KPU Kabupaten Pekalongan Serahkan APK Pada Peserta Pemilu

KAJEN - Alat peraga kampanye (APK) yang difasilitasi KPU kepada peserta pemilu 2019 diserahkan oleh KPUD Kabupaten Pekalongan, di Aula Kantor KPU setempat,pada  Senin kemarin (19/11/2018).

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal,mengatakan bahwa  alat peraga yang diserahkan ada dua yakni baliho dan spanduk.
 
"Sesuai dengan ketentuan baliho sebanyak 10 buah dan spanduk 16 buah. Untuk tim paslon presiden dan wakil presiden, spanduk 10 buah dan baliho 10 buah. Dan, untuk DPD mendapatkan 10 buah spanduk,"tuturnya.
 
Dilanjutkan,peserta pemilu 2019 terdiri dari 14 partai politik, 20 DPD, dan tim paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 2. 
 
"Untuk pemasangan, pemeliharaan, dan perawatan menjadi tanggung jawab peserta pemilu 2019. KPU hanya menfasilitasi pencetakannya saja,"ungkapnya.
 

Adapun,bentuk pengawasan dalam pemasangan APK yaitu peserta pemilu boleh memasang di tempat-tempat yang sudah disediakan, dan tidak boleh memasang di tempat yang dilarang.

"Pengawasannya nanti ada Bawaslu. Bawaslu akan mengawasi apakah dipasang sesuai dengan ketentuan atau tidak. Titik-titik pemasangan sudah ditentukan sesuai dengan SK Bupati Nomor 41 Tahun 2018 terkait dengan titik-titik pemasangan alat peraga kampanye untuk pemilu 2019. contohnya secara umum di sepanjang jalan antara Kajen - Karanganyar,"

Sedangkan,untuk tempat-tempat terlarang dalam pemasangan APK yaitu di fasilitas sekolah, rumah sakit, fasilitas pemerintah, dan juga di pepohonan.(Ros-Nk)
Powered by Blogger.