Header Ads

Dua Puskesmas Kabupaten Pekalongan Terima Akreditasi Utama

KAJEN - Dua dari tiga belas Puskesmas di Kabupaten Pekalongan yang telah mengikuti akreditasi berhasil mendapat predikat tertinggi atau utama, dua mendapat predikat dasar dan lainnya mendapat predikat madya.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM. mewakili Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si., dalam acara Opening Ceremony Akreditasi Puskesmas Lebakbarang dan Puskesmas Petungkriyono di Hotel Horizon Kota Pekalongan, Minggu (4/11/2018) kemarin malam.

Dikatakanya Puskesmas yang mendapat akreditasi Utama yakni Puskesmas Tirto 1 dan Puskesmas Kedungwuni 1, sedangkan yang mendapatkan predikat Dasar yakni Puskesmas Buaran dan Kesesi. “Akreditasi bukan hanya mengejar sertifikat akan tetapi juga sebagai bentuk pengakuan terhadap pelayanan kita yang diberikan kepada masyarakat,” ujar Sekda.

Pihaknya yakin setiap personil di Puskesmas sudah melakukan tugas dan fungsi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Akan tetapi kadang setiap kegiatan tidak semuanya dicatat padahal dalam akreditasi setiap program tidak hanya di jalankan akan tetapi juga butuh untuk dicatat dan didata. “Masih banyak dijumpai program-program yang belum didata sehingga pada saat pelaksanaan akreditasi mengurangi nilai karena tidak ada bukti pelaksanaan program,” kata Mukaromah.

Sekda berharap, semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pekalongan khususnya pegawai Puskesmas untuk menyatukan langkah, untuk membangun Kabupaten Pekalongan menjadi sejahtera, dengan tugas dan fungsi masing-masing dan akreditasi berjalan dengan lancar dan mendapat nilai yang baik. “Mari kita bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas untuk sengkuyung bareng-bareng membangun Kabupaten Pekalongan sesuai visi-misi Bupati Pekalongan yang tertuang dalam RPJMD,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro, SKM.,M.Kes menuturkan dari jumlah 26 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pekalongan, tinggal dua Puskesmas yang belum diakreditasi yakni Puskesmas Talun dan Puskesmas Sragi 1. "Kita targetkan akhir bulan Nopember ini semua Puskesmas di Kabupaten Pekalongan sudah terakreditasi semua," tuturnya.
Powered by Blogger.